DetikNews
Minggu 21 Oktober 2018, 16:22 WIB

Jokowi Takut Banyak Bicara Politik: Saya Tak Pernah Jadi Ketua Partai

Ray Jordan - detikNews
Jokowi Takut Banyak Bicara Politik: Saya Tak Pernah Jadi Ketua Partai Foto: Jokowi di HUT Golkar/Dok Golkar
Jakarta - Presiden Joko Widodo merasa dirinya tidak boleh banyak bicara soal politik. Dia merasa takut keliru, apalagi dirinya tidak pernah jadi ketua partai.

Hal itu disampaikan Jokowi saat menghadiri Peringatan HUT ke-54 Partai Golkar di JIExpo, KEmayoran, Jakarta Pusat, Minggu (21/10/2018). Dalam pidatonya, Jokowi mengatakan Golkar merupakan partai yang sudah sangat dewasa.

"Coba lihat di DPR, di DPRD, Partai Golkar sudah melampaui perjalanan politik yang panjang dan terjal. 54 Tahun jalan poltik yang panjang," kata Jokowi.

Dia juga mengatakan, perjalanan politik Partai Golkar ibarat seperti masa perkuliahan. Para tokoh-tokohnya pun ibarat lulus ilmu politik dengan predikat suma cumlaude.

"Ibarat kuliah jurusan politik, semua tokoh Golkar bukan hanya lulus cumlaude, tapi semuanya lulus suma-cumlaude. Tidak percaya? Tanya ke DPR dan DPRD," katanya.



Karena banyaknya tokoh Golkar yang dia anggap sebagai lulusam suma-cumlaude Ilmu Politik, Jokowi pun merasa dirinya tidak boleh banyak berbicara soal politik.

Apalagi, kata Jokowi, dirinya juga tidak pernah menjadi ketua partai politik.

"Karena semua yang hadir di sini adalah jurusan ilmu politik predikat suma-cumlaude, saya merasa tidak boleh banyak bicara tentang politik di sini, takut salah dan takut keliru. Apalagi saya tidak pernah jadi ketua partai. Makanya saya sedikit bicara saja," katanya.
(jor/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed