DetikNews
Minggu 21 Oktober 2018, 11:48 WIB

Golkar Balik Kritik Sandi Soal 'Udang di Balik Batu' Dana Kelurahan

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Golkar Balik Kritik Sandi Soal Udang di Balik Batu Dana Kelurahan Foto: Ace Hasan Syadzily (Tsarina/detikcom)
Jakarta - Cawapres Sandiaga Uno mempertanyakan dikeluarkannya program Dana Kelurahan oleh Presiden Joko Widodo di tahun politik sembari mengklaim masyarakat pasti bertanya dengan peribahasa 'ada udang di balik batu'. Partai Golkar balik mempertanyakan kritik Sandi.

"Tidak ada dalam politik ini yang tidak ada udang di balik batu. Apakah Bung Sandi ketika menyampaikan kritiknya terhadap pemerintah tidak ada udang di balik batu?" ujar Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily saat dikonfirmasi, Minggu (21/10/2018).


Ace memandang yang terpenting dari kebijakan yang dikeluarkan pemerintah Presiden Jokowi ialah program itu dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, memiliki tujuan menyejahterakan rakyat, adanya ketersediaan anggaran dan tentu memiliki payung hukum yang jadi rujukannya.

Kelurahan yang merupakan entitas pemerintahan paling terdepan yang berkarakter perkotaan, kata Ace, bukan berarti tidak membutuhkan anggaran seperti halnya Dana Desa. Menurut dia, Ada berbagai persoalan yang dihadapi di daerah yang berbasis kelurahan seperti kemiskinan kota yang disebutnya membutuhkan dukungan pemberdayaan ekonomi.

"Kebijakan Dana Kelurahan merupakan kebijakan yang tepat untuk di daerah perkotaan seiring dengan telah diterapkannya Anggaran Desa yang berhasil mendorong pemerataan pembangunan dari pinggiran. Ini merupakan implementasi yang nyata dari Nawacita yang secara konsisten dijalankan pemerintahan Jokowi," tutur Ace.

Salah satu juru bicara pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019 itu menegaskan Dana Kelurahan dikeluarkan bukan tanpa alasan. Dalam visi-misi pasangan calon nomor urut 01 itu, kata Ace, Dana Kelurahan menjadi salah satu program yang diperjuangkan.

"Dalam visi dan misi Jokowi-Kiai Ma'ruf ini, soal Dana Kelurahan merupakan salah satu yang diperjuangkan. Jadi sebetulnya kebijakan ini bukan soal tahun politik, tetapi memang sudah seharusnya demikian," tegas Ace.


Presiden Jokowi menjanjikan akan mengeluarkan kebijakan Dana Kelurahan dan Dana Operasional Desa pada 2019. Sandiaga Uno mempertanyakan niat di balik kebijakan tersebut.

"Apa saja program, kalau niatnya untuk membantu masyarakat, terlepas timing-nya kapan, itu harus diapresiasi. Tapi kalau misalnya di tahun politik, di 2019 ini, pasti masyarakat bisa menilai sendiri, apakah ini ada udang di balik batu atau apakah ini sebuah program yang memang dicanangkan sebelumnya," kata Sandiaga di Jalan Jenggala II Nomor 9, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (21/10).


Simak Juga 'Soal Dana Kelurahan Jokowi, Sandi: Ada Udang di Balik Batu?':

[Gambas:Video 20detik]


[Gambas:Video 20detik]



(gbr/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed