DetikNews
Jumat 19 Oktober 2018, 15:46 WIB

PDIP: Janji Dana Kelurahan Jokowi Usulan dari Bawah

Tsarina Maharani - detikNews
PDIP: Janji Dana Kelurahan Jokowi Usulan dari Bawah Foto: Sekretaris Badan Pelatihan dan Pendidikan DPP PDIP, Eva Kusuma Sundari (Ari Saputra-detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo menjanjikan Dana Kelurahan dan Dana Operasional Desa di 2019. PDIP mengatakan janji tersebut merupakan hasil serapan aspirasi dari bawah.

"Itu usulan dari bawah karena para lurah ingin juga punya dana seperti ADD untuk desa-desa," kata Sekretaris Badan Pelatihan dan Pendidikan DPP PDIP, Eva Kusuma Sundari kepada wartawan, Jumat (19/10/2018).

Menurut Eva, usulan itu muncul merata mulai dari Musyawarah Pembangunan (Musrenbang) tingkat desa hingga nasional. Dia menyebut DPR juga mendukung rencana porgram tersebut.

"Hal itu terungkap merata di Musrenbangdes hingga nasional. Jadi pemerintah merespons aspirasi mereka dan DPR juga mendukung. Jadi diputuskan lah nomenklatur baru tersebut," jelas Eva.


Ia pun menampik adanya unsur politis di balik Dana Kelurahan dan Dana Operasional Kepala Desa ini. Menurut Eva, program ini penting demi pembangunan di wilayah keluarahan.

"Sebaiknya para politisi oposisi di Komisi II bisa ditanyai, mereka menolak atau mendukung. Masak untuk pembangunan kelurahan mereka tidak mendukung? Kan untuk konstituen mereka juga," ujarnya


Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku banyak mendapat keluhan terkait dana untuk tingkat kelurahan. Untuk itu, tahun depan dia akan mengeluarkan kebijakan Dana Kelurahan dan Dana Operasional Desa.


Jokowi mengatakan, saat ini payung hukum untuk regulasi itu tengah dikaji. Diperkirakan, dana operasional desa akan diambil dari Dana Desa sebanyak 5 persen.

"Tahun depan akan ada dana kelurahan. Karena banyak yang tanya ke saya, 'Pak ada Dana Desa, untuk kelurahan bagaimana Pak?' Ya sudah, tahun depan akan ada Dana Kelurahan," kata Jokowi.




Tonton juga 'Banyak Pengusaha Dukung Jokowi, Sandi: Kita Tak Perlu Cengeng':

[Gambas:Video 20detik]


(tsa/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed