DetikNews
Jumat 19 Oktober 2018, 11:09 WIB

Pengungsi Palu Mulai Tinggalkan Makassar

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Pengungsi Palu Mulai Tinggalkan Makassar KRI Makassar Angkut Pengungsi Korban Gempa Palu (pradita/detikcom)
Makassar - Ribuan pengungsi korban bencana gempa dan tsunami kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) mulai meninggalkan Makassar. Sebagian besar memilih kembali pulang ke Palu setelah beberapa pekan di Makassar.

"Sebagian besar kembali ke Sulteng, sedangkan beberapa di antaranya menuju ke kampung halaman di luar daerah," kata Kepala Dinsos Sulsel Andi Ilham Gazaling di Makassar, Jumat (19/10/2018).

Andi Ilham menyebut, berdasarkan data posko pengungsi yang berada di Asrama Haji Sudiang Makassar, tercatat sekitar 3.471 pengungsi yang berada di sana sejak posko ini dibuka pada 28 September lalu.

Namun, setelah sepekan gempa berlalu, para pengungsi ini pun satu per satu mulai meninggalkan lokasi posko pengungsian. Hingga saat ini, tercacat sisa sekitar 582 orang yang masih bertahan dan tetap akan dilayani oleh petugas yang ada di sana.

"Pemprov Sulsel akan terus berupaya memberi pelayanan maksimal untuk memenuhi kebutuhan pengungsi selama berada di posko. Terutama persoalan sandang dan pangan," ucapnya.

"Yang penting sekarang bagaimana kita mengembalikan kepercayaan diri para pengungsi. Kita arahkan agar mereka bisa beradaptasi di luar, tidak terus-terusan tinggal di kamar," tambahnya.

Sementara itu, petugas Satuan Bakti Pekerja Sosial Kemensos di AHS Makassar, Muhammad Iksan mengatakan bahwa fokus penanganan saat ini masih kepada anak-anak untuk menghilangkan trauma. Kondisi psikis mereka juga disebut sudah mulai membaik.

"Semua telah ceria dan mulai bermain dengan pendampingnya. Para orang tua juga mereka kadang ikut bermain," ungkapnya.

Sebelumnya, Gempa 7,4 magnitudo di Palu, Sulteng, membuat puluhan ribu warga meninggal kota itu. Tercatat belasan ribu warga Palu yang tiba di Makassar.

"Hingga Jumat hari ini tercatat sekitar 14.838 orang yang masuk lewat Lanud Hasanuddin," kata Kepala Penerangan Lanud Hasanuddin, Mayor Henny Purwani di Lanud Hasanuddin, Makassar, Jumat 12 Oktober lalu.


(fiq/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed