DetikNews
Kamis 18 Oktober 2018, 11:47 WIB

Aktor Kenamaan Turki Reshad Strik Diamankan Imigrasi Makassar

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Aktor Kenamaan Turki Reshad Strik Diamankan Imigrasi Makassar Foto: Reshad Strik (ist.)
Makassar - Seorang aktor film Turki, Reshad Strik ditangkap pihak imigrasi Sulsel karena melakukan syuting tanpa izin. Dia ditangkap bersama beberapa orang kru filmnya yang juga berkebangsaan Turki.

"Ada lima orang asing. Ada seorang artis Turki. Ini artis terkenal di sana. Yang selebihnya krunya," kata Kepala Kantor Imigrasi Makassar, Andi Palawarukka di kantor Imigrasi Sulawesi Selatan, Sulsel, Kamis (18/10/2018).

Artis Turki berpaspor Australia ini bernama Reshad Strik. Dia ditangkap di Dusun Parangmaklengu, Desa Panakkukang, Gowa saat mengambil gambar soal kebudayaan setempat. Sebelum di Gowa, dia sempat menjelajah ke wilayah Tana Toraja dan Bulukumba.

"Dia melakukan syuting film termasuk dugaan pelanggaran. Pelanggaran izin kunjungan. Harusnya wisata tapi dia bekerja di Indonesia. Dia memanfatkan bebas visa kunjungan singkat," ungkapnya.

Menurut Andi, kegiatan yang dilakukan yaitu pembuatan dokumenter di fokuskan pada kegiatan masyarakat desa yang mengandung unsur keunikan, kesenian dan cagar budaya. Hingga saat ini, Reshad bersama kru filmnya masih menjalani pemeriksaan di kantor Imigrasi Makassar.

"Dari informasi awal, mereka buat film khusus kearifan lokal Bugis Makassar tetapi kita masih dalami, apakah betul kearifan lokal," sebutnya.

Berdasarkan data keimigrasian, kelima WNA ini masuk antara 15 September dan 26 September 2018. Pihaknya juga bekum memutuskan soal sanksi yang akan diterima aktor Turki ini, termasuk sanksi deportasi.

" Tetapi Kebetulan orang asing ini sudah ada jadwal rencana malam ini akan berangkat ke Jakarta dan 00.40 WIB mau berangkat ke Dubai. Kalau tidak berat kita lakukan deportasi. Kalau ada pelanggaran lebih berat lagi hukumannya," kata Andi.

Tonton 'Reshad Strik, Aktor Tampan Asal Turki Ditangkap Imigrasi Makassar' di sini:

[Gambas:Video 20detik]


(fiq/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed