DetikNews
Rabu 17 Oktober 2018, 22:30 WIB

Fakta Mengejutkan KPK Sebut Irwandi Nikahi Steffy Burase

Ahmad Bil Wahid, Indra Komara, Dhani Irawan - detikNews
Fakta Mengejutkan KPK Sebut Irwandi Nikahi Steffy Burase Fenny Steffy Burase (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Nama Fenny Steffy Burase tiba-tiba muncul di tengah pusaran kasus suap terkait Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA). Steffy beberapa kali dipanggil penyidik KPK hingga akhirnya dicegah ke luar negeri. Sebenarnya apa peran Steffy yang juga seorang model itu?

Di awal-awal pemeriksaan KPK setelah operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf, Steffy disebut berperan dalam kegiatan Aceh Marathon. Kegiatan itu disebut-sebut mendapat aliran duit yang berasal dari suap yang diterima Irwandi.




Saat itu Irwandi disangkakan menerima suap dari Bupati Bener Meriah nonaktif Ahmadi. Suap diberikan Ahmadi untuk mendapatkan proyek yang bersumber dari DOKA.

Di tengah proses penyidikan, Irwandi mengajukan gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Irwandi mempermasalahkan penangkapan, penetapan tersangka, hingga penahanan dirinya.

Hingga pada akhirnya KPK mendapatkan giliran menjawab semua gugatan Irwandi itu pada persidangan yang digelar Rabu (17/10/2018). Tak dinyana, ada beberapa fakta menarik yang muncul dari jawaban KPK itu, apa saja?




Berikut rangkumannya:

1. Steffy dan Irwandi Menikah Sejak 8 Desember 2017

Seorang saksi berinisial J membeberkan tentang pernikahan Steffy dengan Irwandi. Dia mengaku hadir dalam pernikahan itu sebagai pihak dari mempelai pria.

"Bahwa saksi (J) mengetahui Fenny Steffy Burase dan Irwandi Yusuf telah menikah secara siri tanggal 8 Desember 2017 di Jakarta," demikian seperti dikutip dari 'Jawaban KPK'.

2. Akad Nikah Steffy-Irwandi Digelar di Apartemen

Dari saksi J itu pula, pernikahan Steffy-Irwandi diketahui digelar di sebuah apartemen di daerah Kebon Kacang, Jakarta Pusat. Sedangkan saksi lainnya berinisial F menyebut jelas lokasi pernikahan itu.

"Saksi (F) menjelaskan kehadirannya di Hotel Ascott Jakarta berawal dari undangan Steffy Burase melalui chat WhatsApp, yang mengundang saksi untuk hadir pada hari Jumat, tanggal 8 Desember 2017, untuk menghadiri pernikahan Steffy Burase. Saksi datang ke lokasi sekitar pukul 11.00 WIB, kemudian memasuki sebuah kamar apartemen yang ada ruang tamunya," demikian seperti dikutip dari 'Jawaban KPK'.

3. Orang Tua Steffy dan 20 Tamu Hadiri Akad Steffy-Irwandi

Saksi J menyebut orang tua Steffy turut hadir dalam acara pernikahan itu. Sedangkan saksi F mengatakan ada 15-20 orang yang datang.

"Akad nikah tersebut disaksikan dan dihadiri oleh kerabat dari kedua belah pihak, yaitu pihak Irwandi dihadiri saksi (J) dan Saudara T Saiful Bahri dan pihak Fenny Steffy Burase dihadiri oleh kedua orang tua, saudara kandung, dan beberapa teman Fenny Steffy Burase," demikian seperti dikutip dari 'Jawaban KPK'.

"Di ruangan tersebut saksi (F) bertemu dengan Steffy Burase yang memakai baju gamis. Di sana saksi menemui sekitar 15-20 orang laki-laki dan perempuan yang ada di ruangan tersebut, di antaranya terdapat seorang laki-laki yang memakai jas, dan belakangan diketahui oleh saksi bahwa laki-laki tersebut adalah Irwandi Yusuf," lanjut 'Jawaban KPK'.

4. Steffy Minta Restu Istri Pertama Irwandi

KPK membeberkan isi pesan singkat yang dikirimkan Steffy kepada istri pertama Irwandi, Darwati A Gani. Dalam pesan singkat melalui aplikasi WhatsApp itu, Steffy menanyakan izin Darwati kepada Irwandi soal menikah lagi. Pesan itu didapat langsung dari telepon seluler Steffy.




Berikut isi WA Steffy pada Darwati tersebut:

Assalamualaikum, selamat pagi bu,
Sebelumnya saya mohon maaf yang sebesar2nya. Saya Cuma ingin konfirmasi apakah Bener Ibu mengijinkan pernikahan saya dengan suami ibu yang saat ini juga adalah suami saya? Saya menikah sejak 8 des dengan pengakuan suami ibu, ibu mengijinkan pernikahan kami. Sekiranya itu tidak Benar dan ibu tidak merestui, saya akan meninggalkan suami ibu secara baik2. Karena menurut saya pernikahan yang tidak mendapat ijin istri pertama bukanlah pernikahan walau menurut suami kita, istri tidak punya hak melarang suaminya menikah lagi. Beberapa bulan pernikahan kami terlalu banyak konflik kecil2 yang
dampaknya besar ke kerjaan kami berdua. Mohon maaf sebelumnya saya Lancang, tapi ini untuk kebaikan bersama. Saya bukan pengganggu RT orang dan saya menikah adengan suami ibu di depan ke 2 orang tua dan teman2 deket. Tapi sekiranya emeng Bener Dugaan saya Ibu tidak tau dan tidak merestui, saya Insya Allah sangat menghargai dan mengerti alas an Ibu. Terimakasih Steffy.

5. Kaitan Pernikahan Steffy dengan Perkara Irwandi

KPK memandang hubungan antara Steffy dan Irwandi itu perlu dibongkar untuk menjawab dalil gugatan praperadilan Irwandi. Sebab, Irwandi--melalui gugatan praperadilan itu--mengaku tidak tahu tentang sejumlah aliran uang serta peran Steffy. Padahal, menurut KPK, pengaruh Steffy sebagai istri Irwandi penting.

"Bahwa berdasarkan beberapa BAP dan percakapan WA dari telepon genggam Steffy Burase membuktikan bahwa sejak 8 Desember 2017 Irwandi Yusuf dan Steffy Burase telah terikat hubungan suami-istri dan telah diketahui oleh pejabat di lingkungan Provinsi Aceh, sehingga sebagai seorang istri Steffy Burase mempunyai kesempatan mengenal dan berkomunikasi dengan pihak-pihak yang dekat dan mempunyai hubungan kerja dengan Irwandi Yusuf bahkan dengan leluasa Steffy Burase meminta sejumlah uang dari Syaiful Bahri," demikian seperti dikutip dari 'Jawaban KPK'.

"Berdasarkan uraian sebagaimana tersebut di atas, menunjukkan kedekatan hubungan antara pemohon dengan Steffy Burase, keleluasaan Steffy Burase dalam meminta sejumlah uang kepada Syaiful Bahri dan adanya pesan dari pemohon mengenai proyek Dispora dengan pagu Rp 3,2 miliar," lanjutnya.




Perihal fakta-fakta dalam sidang praperadilan itu dibantah Irwandi, terutama soal pernikahan dengan Steffy. Seiya sekata, Steffy pun membantah, tetapi mengamini kedekatannya dengan Irwandi.

"Nggak. Hampir (tapi) nggak jadi (menikah dengan Steffy)," ucap Irwandi di KPK.

"Saya dekat dengan Pak Irwandi, benar, tapi tidak ada pernikahan atau mungkin belum ada pernikahan, tapi tidak ada pernikahan," ujar Steffy di PN Jakarta Selatan.
(dhn/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed