DetikNews
Rabu 17 Oktober 2018, 11:56 WIB

Viral Rukiah Pakai Pistol Mainan, Ini Penjelasan Ustaz di Malaysia

Indah Mutiara Kami - detikNews
Viral Rukiah Pakai Pistol Mainan, Ini Penjelasan Ustaz di Malaysia Foto: Viral rukiah pakai pistol mainan di Malaysia
Kuala Terengganu - Video rukiah menggunakan pistol mainan viral di Indonesia. Video serupa sebenarnya sudah sempat viral beberapa bulan lalu di Malaysia dan ustaz yang melakukan rukiah juga sudah memberi penjelasan.

Dalam video yang beredar tampak seorang pria berbaju putih duduk bersila di lantai di sebuah ruangan. Seorang perempuan berkerudung cokelat duduk bersila di depannya dengan tangan menghadap ke atas.

Pria berbaju putih itu melafalkan bacaan dalam Bahasa Arab, dia lalu mengambil pistol mainan yang ada di sebelahnya. Pria itu kemudian 'menembakkan' pistol mainan ke arah perempuan. Pistol mainan itu tentu saja tidak mengeluarkan peluru melainkan laser. Tak cuma 1, pria itu menggunakan 2 pistol mainan yang salah satunya bersuara 'fire-fire'. Laser diarahkan ke tubuh dan kepala perempuan.



Di video lain, tampak pria itu melakukan hal yang sama ke perempuan berkerudung merah muda. Perempuan itu menunduk-nunduk dan melap wajahnya dengan tisu saat 'ditembak' laser pistol mainan.

Dalam beberapa hari terakhir, video ini viral lagi di Indonesia, salah satunya di Instagram makassar_iinfo. Di Malaysia sendiri, pria di video itu yang bernama Ustaz Mohd Raffi Harun pernah memberi penjelasan pada Mei 2018.

Seperti dilansir Harian Metro, Mohd Raffi berasal dari Kampung Losong Tangki Air, Kuala Terengganu, Malaysia. Raffi mengatakan pistol mainan dipakainya hanya sebagai metode.

"Penggunaan senapan mainan ini hanya metode medis dan tidak bertentangan dengan ajaran Islam, tetapi saya menggunakan ayat-ayat Alquran selama perawatan," kata Raffi.

Raffi mengaku sudah pernah mencoba berbagai medium untuk pengobatan tradisional, mulai dari kain putih hingga bolpen berwarna. Setelah sakit hingga depresi berat pada 2014, Raffi mengaku mendapat ilham dari Allah untuk melakukan pengobatan tradisional menggunakan sinar laser.

"Mengingat biaya peralatan laser itu mahal, saya tidak punya pilihan lain selain menggunakan pistol mainan karena itu satu-satunya pilihan yang tersedia. Saya tidak pernah berpikir bahwa penggunaan pistol mainan bisa menjadi isu dan mendapa kritikan dari masyarakat," ujarnya.



Saat diwawancara pada Mei 2018, Raffi mengaku sudah merawat lebih dari 4.000 pasien termasuk dari China, Singapura, dan Indonesia. Video pengobatan menggunakan pistol mainan itu sendiri diunggah di akun Facebooknya.

"Video medis ini diunggah oleh saya sendiri dan beberapa siswa di situs internet kami dengan persetujuan pasien," ucap Raffi.

Lalu, apa alasan Raffi mengobati memakai laser? Menurutnya, itu agar dia tidak perlu menyentuh pasien termasuk pasien perempuan.

"Saya terdorong untuk berbuat demikian karena sikap beberapa praktisi medis yang menyebut diirnya ustaz tapi bebas menyentuh pasien perempuan dan mengambil kesempatan," paparnya.

"Saya dirugikan dengan tuduhan segelintir pihak yang menyebut saya sebagai 'penjual agama' bahkan ada netizen yang tega menghina cara saya berpakaian termasuk pemakaian kopiah," sambung Raffi.



Masih dilansir dari Harian Metro, Imam Masjid Tengku Tengah Zaharah, Ustaz Ahmad Ridhwan Md Radzi mengatakan metode pengobatanyang digunakan oleh Mohd Raffi tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Itu karena tiap orang punya metode pengobatan masing-masing.

"Tapi penting bagi kita untuk memastikan praktik kedokteran yang diraktekkan dan dikaitkan dengan Islam harus didasarkan pada Alquan dan hadis sehingga tidak mennimbulkan fitnah di masyarakat," kata Ustaz Ahmad Ridhwan Md Radzi.
(imk/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed