DetikNews
Selasa 16 Oktober 2018, 07:53 WIB

Mendagri Segera Tunjuk Plt Jika Bupati Bekasi Ditahan KPK Hari Ini

Niken Purnamasari - detikNews
Mendagri Segera Tunjuk Plt Jika Bupati Bekasi Ditahan KPK Hari Ini Foto: Ari Saputra
FOKUS BERITA: Skandal Suap Meikarta
Jakarta - KPK menetapkan Bupati Bekasi Neneng Hassanah Yasin sebagai tersangka kasus suap perizinan proyek Meikarta. Nasib jabatan Neneng sebagai bupati ditentukan hari ini apabila ditahan oleh KPK.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menjelaskan, dirinya akan segera menetapkan Plt pengganti Neneng apabila ditahan KPK hari ini. Pihaknya masih menunggu keputusan dari KPK.

"Kalau bupati (Neneng) langsung ditahan (kita tunggu proses pengumuman KPK dulu), kalau ditahan hari ini Plt-nya ditetapkan dan diserahkan oleh Gubernur Jabar sebagaimana keputusan UU agar pemerintahan di daerah berjalan," ujar Tjahjo kepada detikcom, Selasa (16/10/2018).



Neneng sebelumnya termasuk dalam pengejaran terkait OTT pada Minggu (14/10), tapi jejaknya sempat tak terlacak.

"Terus terang ketika tim di lapangan itu mau menangkap ini, ada dua mobil. Dua mobil ini pergi di dua arah yang beda sehingga satu berhasil diamankan, sedangkan 1 yang BMW warna putih, saya lupa nopolnya, pergi ke tempat lain," kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif dalam jumpa pers di gedung KPK, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (15/10/2018).



Kini dirinya telah ditetapkan sebagai tersangka. Neneng bersama tersangka lain disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 atau Pasal 12 B UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP juncto Pasal 64 ayat 1 KUHP.


Saksikan juga video 'Bupati Bekasi dan Direktur Lippo Jadi Tersangka Suap Meikarta':

[Gambas:Video 20detik]


(nkn/mae)
FOKUS BERITA: Skandal Suap Meikarta
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed