DetikNews
Senin 15 Oktober 2018, 17:33 WIB

Panitia Deklarasi Dukung Jokowi Penuhi Undangan Bawaslu

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Panitia Deklarasi Dukung Jokowi Penuhi Undangan Bawaslu Deklarasi dukung Jokowi di Riau (Chaidir/detikcom)
Pekanbaru - Relawan DPD Pro Jokowi (Projo) dan panitia deklarasi dukung Jokowi-Ma'ruf Amin di Pekanbaru memenuhi undangan Bawaslu Riau. Mereka didampingi kuasa hukum dari tim Kapitra Ampera.

"Mereka datang tepat waktu jam 13.30 WIB di kantor Bawaslu Riau. Pak Syahrin (ketua panitia deklarasi) dan Pak Sonny Silaban (Ketua DPD Projo Riau) sudah hadir memenuhi undangan kita," kata Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan kepada wartawan, Senin (15/10/2018).

Menurut Rusidi, tahap awal pihaknya memintai keterangan kepada Syahrin. Selanjutnya Bawaslu akan meminta klarifikasi kepada Ketua DPD Projo Riau.



"Sampai jam istirahat karena waktu salat Asar sekitar 30 pertanyaan. Jumlah pertanyaan diperkirakan 56, tapi ini masih bisa akan berkembang permintaan keterangan ini," kata Rusidi.

"Mereka didampingi beberapa kuasa hukum. Dan tim kuasa hukumnya saya baca adalah Pak Kapitra Ampera, tapi yang bersangkutan belum menandatangani surat kuasanya, karena masih berada di luar kota, alasannya seperti itu," kata Rusidi.

Menurut Rusidi, pertanyaan yang diajukan seputar masalah teknis, misalkan siapa saja yang hadir di acara tersebut, termasuk soal surat dukungan.



"Seputar teknis, siapa yang hadir, kemudian ada surat dukungan dan itu bagaimana kebenarannya. Kita lihat di foto itu ada backdrop yang dipilok, dan itu kenapa dipilok itu yang menjadi pertanyaan kita. Intinya adalah kebenaran informasi yang beredar tentang apakah bupati dan wali kota itu menandatangani atas jabatan sebagai bupati dan wali kota," kata Rusidi.

Namun Bawaslu Riau belum bisa menjelaskan secara rinci hasil klarifikasi tersebut.

"Nanti tentunya hasilnya akan kita umumkan kepada publik. Yang penting ini kita proses secara transparan, cepat, karena ini memerlukan jawaban yang dibutuhkan oleh publik, begitu," kata Rusidi.
(cha/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed