DetikNews
Senin 15 Oktober 2018, 14:51 WIB

Arca Abad ke-10 Ditemukan di Proyek Revitalisasi Banten Lama

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Arca Abad ke-10 Ditemukan di Proyek Revitalisasi Banten Lama Foto: Arca kuno (bahtiar/detikcom)
Serang - Arca Nandi diperkirakan dari sekitar abad ke 10 sampai 15 ditemukan di lokasi proyek revitalisasi Banten Lama. Lokasi tersebut merupakan bekas berdirinya Kesultanan Banten.

Kasi Perlindungan, Pengembangan dan Pemanfaatan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Serang, Juliadi mengatakan, arca ditemukan di sekitar sebelah barat Istana Surosowan. Arca berbentuk sapi tersebut sudah dalam keadaan tak utuh. Hanya bagian tubuh dan lapiknya yang menunjukan bahwa artefak tersebut adalah Arca Nandi.

"Ditemukan tapi sudah tidak utuh. Tinggal bagian bawah dan lapiknya dan sebagian badan," kata Juliadi saat dikonfirmasi, Serang, Banten, Senin (15/10/2018).


Arca tersebut, katanya merupakan peninggalan jaman Hindu di Banten sebelum masuk masa Kesultanan Islam Banten. Arca Nandi merupakan kendaraan mitologi Dewa Siwa.

Karena sudah tidak utuh, arca tersebut diperkirakan sudah rusak dan dibiarkan tertibun di sekitar Istana Surosowan. Untuk penelitian lebih lanjut, arca tersebut saat ini diletakan di halaman Museum Banten Lama.

"Arcanya sudah kepotong bagian atasnya, kayaknya dari dulu. Apakah masa kesultanan sudah dirusak dan kelihatannya sudah dipindahkan," katanya.

Selain penemuan arca, revitalisai kawasan di Banten lama juga menemukan adanya struktur fondasi Istana Surosowan. Pihak BPCB, meminta agar struktur fondasi tersebut tidak dibongkar karena masuk pada bagian yang dilindungi.

"Ada struktur bata, kemungkinan fondasi sebelah utrara Surosiwan. Kita minta jangan diapa-apakan," ujarnya.
(bri/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed