detikNews
Senin 15 Oktober 2018, 12:46 WIB

Lampaui Target, Jatim Fair Catat Transaksi Penjualan Senilai Rp 40 M

Robi Setiawan - detikNews
Lampaui Target, Jatim Fair Catat Transaksi Penjualan Senilai Rp 40 M Foto: Dok APPSI
Jakarta - Jatim Fair 2018 yang diselenggarakan di Grand City Surabaya sejak Selasa (9/10) hingga Minggu (14/10) dalam rangka Hari Jadi Provinsi Jawa Timur yang ke-73, menjadi wahana perdagangan antarpulau dan antarprovinsi. Dan jumlah transaksinya mengalami peningkatan pesat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Direktur Debindo Mitratama Budiono selaku penyelenggara mengungkapkan 570 stand pameran diikuti oleh berbagai provinsi di Indonesia.

"Jatim Fair sebagai pameran terbesar di Indonesia timur menghadirkan produk dari provinsi dan pulau lain, kami juga hadirkan Kantor Perwakilan Dagang Jawa Timur yang ada di provinsi lain untuk melakukan transaksi di Jawa Timur," ungkap Budiono, Senin (15/10/2018).


Budiono menyebut perdagangan antarprovinsi tersebut merupakan dorongan dari Gubernur Jatim Soekarwo yang merupakan Ketua Umum dari Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI).

"Tidak hanya agar terjadi pertukaran perdagangan, tapi juga agar Jatim bisa membantu menjadi pasar bagi provinsi lain," ujar Budiono.

Jatim Fair yang dibuka oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan dilaksanakan selama 6 hari ini mencatatkan transaksi penjualan sejumlah Rp 40 miliar. Jumlah ini melampaui target panitia sebanyak Rp 30 miliar.


Sementara Sekretaris Daerah Jawa Timur Heru Tjahjono dalam penutupan Jatim Fair pada Minggu (14/10) mendorong agar jumlah transaksi di Jatim Fair dapat terus ditingkatkan untuk pasar Internasional.

"Tahun depan transaksi harus lebih agresif juga untuk pasar Internasional, terutama untuk bantu UKM, dan bisa kita lakukan melalui platform digital," tegas Heru.

Jatim Fair 2018 yang menyajikan pameran gratis selama 6 hari ini, juga menyajikan festival pangan Nusantara serta memamerkan proses dari Ekspedisi Jalur Darat ke 34 Gubernur yang diinisiasi oleh Pakde Karwo. Selain itu, konser musik yang disajikan tiap malam terutama saat malam penutupan membludak hingga keluar area Grand City dihadiri oleh 30.000 penonton.

Informasi lebih lanjut tentang Ekspedisi APPSI bisa dilihat di sini.
(ega/mul)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed