DetikNews
Kamis 11 Oktober 2018, 11:32 WIB

Polisi Periksa Plt Kadisparbud DKI soal Biaya Ratna ke Chile

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Polisi Periksa Plt Kadisparbud DKI soal Biaya Ratna ke Chile Gedung Polda Metro Jaya (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Penyidik Direktorat Kriminal Umum Polda Metro Jaya memeriksa Plt Kadisparbud DKI Asiantoro soal kasus hoax penganiayaan Ratna Sarumpaet. Penyidik menggali keterangan soal biaya sponsor yang diberikan Pemprov DKI kepada Ratna untuk mengikuti acara di Chile.

"Kemarin juga hari Rabu kita juga sudah lakukan pemeriksaan saksi dari Plt Kepala Dinas Pariwisata DKI. Kita lakukan pemeriksaan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis (11/10/2018).

Pemeriksaan terhadap Asiantoro dilakukan pada Rabu (10/10). Menurut Argo, penyidik juga ingin mengetahui kronologi pembiayaan Ratna ke Chile.





"Yang intinya bahwa berkaitan dengan sponsor untuk tersangka RS ke Chile. Bagaimana kronologinya, kemudian saksi ditanya mengetahuinya dari mana," ujarnya.

Argo juga mengatakan tak tertutup kemungkinan Asiantoro ditanya soal pengembalian uang dari Ratna yang tak jadi berangkat ke Chile.

"Nanti kita sama-sama tanyakan ke Disparbud," ujarnya.





Ratna Sarumpaet sebelumnya disebut bersedia mengembalikan dana yang diberikan Pemprov DKI Jakarta ke Chile. Ratna mengembalikan Rp 19 juta, yang merupakan uang saku dari total uang yang diberikan sebesar Rp 70 juta.

Dana lainnya, seperti tiket Rp 50 juta, tidak bisa dikembalikan karena Ratna menggunakan tiket promo. Sedangkan uang saku akan segera diserahkan ke Pemprov DKI.

"Detailnya saya belum tahu, tapi yang jelas Rp 19 juta sekian," kata Asiantoro, Rabu (10/10).


Simak Juga 'Tak Dijenguk Kolega, Ratna Sarumpaet: Nggak Masalah':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed