DetikNews
Selasa 09 Oktober 2018, 16:46 WIB

Sudah 18 Ribu Orang Dukung Profesor IPB yang Digugat Rp 510 Miliar

Andi Saputra - detikNews
Sudah 18 Ribu Orang Dukung Profesor IPB yang Digugat Rp 510 Miliar Bambang Hero Saharjo (Foto: dok. IPB)
Bogor - Anggota Dewan Guru Besar IPB, Prof Dr Bambang Hero Saharjo, digugat Rp 510 miliar oleh PT JJP. Hal ini buntut perusahaan tersebut dihukum Rp 500 miliar karena membakar hutan. Prof Bambang jadi saksi ahli memberatkan dalam kasus itu.

Gugatan ini menuai petisi dan 18 ribuan orang sudah mendukung Prof Bambang. Dukungan itu dibuat di www.change.org dengan nama petisi 'Selamatkan Prof Bambang Hero Saharjo'.

"Prof Bambang Hero Saharjo sudah menjadi ahli lebih dari 200 kasus, baik perkara pidana maupun perdata kasus karhutla di Indonesia. Berdasarkan keterangan ahlinya, sudah banyak pelaku karhutla yang divonis bersalah," ujar petisi yang dikutip detikcom, Selasa (9/10/2018).


Hingga pukul 16.30 WIB, tercatat sudah 18.694 orang menandatangani petisi tersebut. Salah satu alasan mendukung Prof Bambang adalah pejuang lingkungan tidak dapat dituntut secara pidana maupun perdata sesuai Pasal 66 UU 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Pasal itu berbunyi:

Setiap orang yang memperjuangkan hak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat tidak dapat dituntut secara pidana maupun digugat secara perdata.

"Keterangan ahli yang disampaikan Prof Bambang Hero di depan majelis hakim terbukti benar, lalu dijadikan pertimbangan hakim memutus perkara," ujarnya.


Salah satu pengisi petisi, Rahmi Carolina, menyatakan, atas nama korban asap di Riau, ia berdiri satu suara untuk Prof Bambang Hero yang telah berjuang untuk tanah kelahirannya.

"Selamatkan pejuang lingkungan! Stop kriminalitas terhadap pejuang lingkungan!" ujar Rahmi.


Adapun menurut Grace Rumantir, Prof Dr Bambang Hero Saharjo adalah pendekar sejati dalam memerangi karhulta. Dengan bersenjatakan semangat cinta lingkungan, keberanian membela kebenaran, kemauan untuk bekerja keras dilengkapi dengan keahlian dalam ilmu kebakaran hutan bertaraf international, Bambang tanpa pamrih sedia bekerja di mana saja untuk mengurangi kemungkinan kebakaran hutan di Indonesia.

"Aksi tervonis pembakar lingkungan PT JJP mengejar saksi ahli Prof Dr Bambang Hero Saharjo secara pribadi di pengadilan harus dilihat sebagai serangan untuk membungkam pendekar-pendekar lingkungan seperti beliau. Dari segi kemampuan materi, untuk menyewa pengacara kondang di pengadilan, ini seperti kasus Daud dan Goliat," papar Grace.
(asp/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed