AirNav Segera Bangun Tower ATC Permanen di Bandara Palu

Aditya Mardiastuti - detikNews
Senin, 08 Okt 2018 20:44 WIB
Ilustrasi menara ATC (Baban/detikFinance)
Denpasar - Menara Air Traffic Controller (ATC) di Bandara Mutiara SIS Al-jufrie, Palu, Sulawesi Tengah, rusak parah akibat gempa dan tsunami. Menara ATC itu bakal segera dihancurkan dan dibangun yang baru.

"Kondisi Palu saya katakan sudah 98 persen dengan mobile tower. Kini sudah diperbaiki runway-nya, ini sedang dalam waktu dekat Pak Menhub kalau nggak salah tanggal 10 sudah full, pulih 100 persen. Mobile tower akan berada di sana sampai tower pengganti bangunan kami sudah retak dan akan dibangun di belakang," kata Dirut AirNav Novie Riyanto di kantornya, Jl Airport I Gusti Ngurah Rai, Bali, Senin (8/10/2018).



Novie memastikan tower permanen itu bakal segera dibangun untuk menggantikan mobile tower, yang kini beroperasi sementara di Bandara Al-Jufrie.

"Tower lama akan di-demolished, 8 bulan sudah ada tower permanen. Sesegera mungkin (dibangun) karena kita akan bekerja sama dengan BUMN yang bertugas untuk membangun itu, kita targetkan tidak terlalu lama."



"Karena tower kita yang mau ambruk ini akan segera kita demolished ya karena takut njatuhin bangunan lain," sambungnya.

Novie juga memastikan mobile tower ATC yang dioperasikan di Bandara Al-Jufrie sangat membantu pelayanan navigasi. Apalagi hingga saat ini banyak pesawat yang hilir mudik mengirimkan muatan bantuan.

"Komersial sudah full dari operator untuk misi atau operasi reguler. Lebih penting saya tambahkan dengan mobile tower sudah beroperasi di Palu. Peralatan lebih canggih mudah-mudahan tidak ada yang kurang di sana, terutama untuk melayani city, baik itu pesawat bantuan besar maupun jet reguler maupun pesawat besar yang lain," ujarnya. (ams/rvk)