DetikNews
Sabtu 06 Oktober 2018, 12:10 WIB

Kasepuhan Ini Buka Rahasia Ketahanan Padi Sampai 60 Tahun

Mustiana Lestari - detikNews
Kasepuhan Ini Buka Rahasia Ketahanan Padi Sampai 60 Tahun Foto: APPSI
Jakarta - Tim Ekspedisi Jalur Darat 34 Gubernur dari Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) tiba di Kasepuhan Sinar Resmi, Cisolok Kabupaten Sukabumi. '

Dalam pertemuan tersebut, pemangku adat Abah Asep Nugraha bercerita tentang ketahanan pangan di sini yang memiliki 68 varietas padi dan dapat bertahan hingga 60 tahun. Abah Asep mengungkapkan padi adalah simbol kehidupan masyarakat, sehingga harus dimuliakan dengan perlakuan yang baik.

"Padi disini tidak diperjualbelikan, menjual padi sama dengan menjual kehidupan. Dalam setahun kami hanya sekali panen, karena tidak mau memperkosa bumi, karena bumi adalah ibu yang menghidupi, dan langit adalah bapak kami yang membimbing kami menanam padi," jelas Abah Asep dalam keterangan tertulis, Sabtu (6/10/2018).



Sebagaimana penjelasan Abah Asep, pola tanam dan panen di sini memperhatikan aspek astrologi kalender sunda. Masyarakat menanam padi bukan di sawah, melainkan di huma sebuah area tanam yang memiliki kontur miring dan tanpa menggunakan pupuk kimia dan pestisida.

Padi yang sudah dipanen akan disimpan di Leuit. Tempat penyimpanan padi dengan desain dan arsitektur khusus yang dapat mencegah masuknya hama yang dapat mengurangi kapasitas dan kualitas padi.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Jawa Barat Ida Harnida menyampaikan kekayaan budaya kasepuhan tersebut, terlebih dalam pengelolaan pangan yang membuat Geopark Ciletuh Palabuhanratu mendapatkan predikat sebagai UNESCO Global Geopark (UGG).



Namun yang menjadi kekurangan adalah di aspek aksesibilitas menuju lokasi kasepuhan. Hal itu diungkapkan oleh Sekda Kabupaten Sukabumi Iyos Sumantri. Pihaknya berharap, setelah Geopark Ciletuh ditetapkan sebagai UGG, infrastruktur di kawasan tersebut dapat ditingkatkan untuk memperbanyak kunjungan wisatawan.

Kasepuhan Sinar Resmi adalah bagian dari Kampung Adat Kasepuhan Banten Kidul bersama Kasepuhan Ciptagelar dan Kasepuhan Ciptamulya. Salah satu penjagaan budaya yang sampai kini tetap lestari sejak abad ke-16 adalah di aspek ketahanan pangan. Informasi lebih lanjut tentang Ekspedisi APPSI bisa dilihat di sini.

(mul/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed