DetikNews
Kamis 04 Oktober 2018, 14:29 WIB

Kebakaran Lahan di Sumsel, Asap Mulai Selimuti Tol Palindra

Raja Adil Siregar - detikNews
Kebakaran Lahan di Sumsel, Asap Mulai Selimuti Tol Palindra Foto: Asap selimuti Tol Palindra (Raja-detik)
Palembang - Kebakaran hutan dan lahan di Sumatera Selatan masih terus terjadi, kali ini lahan terbakar berada di ruas tol Palembang-Indralaya. Akibat kebakaran jalan tol tertutup asap.

"Kebakaran lahan terjadi sejak malam di dekat tol Palindra tepatnya Kecamatan Indralaya Utara. Pagi ini kebakaran lahan semakin meluas," terang Kepala Posko Karhutla BPBD Sumatera Selatan, Ansori saat dikonfirmasi, Kamis (4/10/2018).



Dikatakan Ansori, kebakaran lahan di tol Palindra memang sering terjadi. Namun kali ini kebakaran berada di sebelah tol dan membakar lahan semi gambut yang menyebabkan kepulan asap.

"Lahan semi gambut yang tadi terbakar, itulah sebabnya asap banyak. Sekarang ada 5 heli water boombing melakukan pemadaman dan dibantu oleh tim darat," sambung Ansori.

Sementara itu Komandan Satgas Udara Karhutla Lanud Sri Mulyono Herlambang Kolonel Pnb Heri Sutrisno mengatakan saat ini ada 5 heli water boombing yang melakukan pemadaman.

"Kemarin heli sempat standby dan tidak ada teebang karena tahap evaluasi. Tapi hari ini enam heli sudah dapat izin, tetapi baru lima heli yang terbang melakukan pemadaman di Ogan Komering Ilir dan Ogan Ilir. Memang prioritas di Ogan Ilir karena berada di sebelah Tol Palindra," kata Heri.

Menurut Heri, heli water boombing yang terbang memiliki kapasitas 4,5 ton untuk sekali terbang. Kondisi kemarau disebut menjadi kendala pemadaman kebakaran di lahan gambut dan dekat Tol Palindra.



"Sekarang kita sudah di ujung kemarau, air sulit didapatkan kalau untuk tim dari darat. Tapi kalau pakai heli bisa diambil dari sungai terdekat walau jaraknya pun terbilang agak jauh dari biasanya," kata Heri.

"Sekarang ini sudah mulai masuk musim tanam, banyak warga sengaja membakar lahan untuk bertani. Itulah yang menjadi salah satu penyebab terjadi kebakaran di sejumlah daerah di Sumsel," tegasnya.

Sebagaimana diketahui, tercatat hari ini ada 47 titik hotspot di sembilan daerah di Sumatera Selatan. Dari jumlah itu 15 titik di antaranya ada di Ogan Komring Ilir (OKI).
(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed