DetikNews
Senin 01 Oktober 2018, 12:31 WIB

Pemprov Kaltim Kirim Bantuan ke Korban Gempa Palu Sore Ini

Andhika Prasetia - detikNews
Pemprov Kaltim Kirim Bantuan ke Korban Gempa Palu Sore Ini Pengungsi di Palu (Foto: Pradita Utama)
Jakarta - Pemprov Kalimantan Timur mengirimkan sejumlah bantuan ke Sulawesi Tengah yang mengalami musibah gempa dan tsunami. Bantuan diberangkatkan sore ini melalui jalur laut.

"Sudah. Kami sudah mengirim hari ini, sore ini berangkat. Dipimpin oleh salah satu asisten. Macam-macam, ada bantuan pertolongan untuk pakaian, makanan, dan shelter, tenda. Hari ini dikirim, sore berangkat ke Palu melalui kapal," ujar Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (1/10/2018).

Isran belum mendapatkan laporan soal nominal bantuan yang dikirimkan. Namun ia memastikan bantuan yang dikirim dalam satu kapal.



"Belum dapat laporan. Tapi 1 kapal penuh," kata dia.

Gempa berkekuatan 7,4 skala richter sebelumnya mengguncang sejumlah wilayah di Sulawesi Tengah, Jumat (28/9). Berdasarkan informasi dari BNPB, Per Minggu (30/9) siang, korban jiwa di Palu 821 orang, sedangkan di Donggala 11 orang.

Presiden Joko Widodo juga berharap BBM untuk memenuhi kebutuhan tanggap darurat seusai gempa. Selain BBM, kebutuhan akan air bersih menjadi masalah mendesak bagi pengungsi di Palu.



"Air masalah karena listrik tidak ada, tidak hidup. Kenapa listrik tidak ada, karena dari 7 gardu yang ada, yang hidup hanya 2, yang 5 ada masalah, ini yang harus diselesaikan," ujar Jokowi di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Senin (1/10).



Saksikan juga video 'Angkatan Udara Kirim Pasukan & Logistik Pemerintah':

[Gambas:Video 20detik]


(dkp/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed