DetikNews
Kamis 27 September 2018, 14:04 WIB

Laporan Dari New York

JK: Indonesia Bebas TBC Tahun 2050 Jika Ada Kerja Sama Semua Pihak

Rina Atriana - detikNews
JK: Indonesia Bebas TBC Tahun 2050 Jika Ada Kerja Sama Semua Pihak Foto: Wapres JK di Markas PBB, New York, AS. (Rina-detikcom)
New York - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyatakan Indonesia ditargetkan bebas tuberculosis (TBC) pada tahun 2050 mendatang. Menurut JK, target itu hanya bisa dicapai dengan kerja sama semua pihak.

"Indonesia punya program (TBC) tahun 2030 itu sudah sangat turun, dan 2050 itu bebas. Tapi ini bisa terlaksana kalau ada kerja sama semua pihak," tutur JK di Markas PBB, New York, AS, Rabu (26/9/2018).


JK menjelaskan saat ini jumlah pengidap penyakit TBC di dunia terus meningkat. Upaya Indonesia untuk menghilangkan TBC, lanjut JK, telah dimulai sejak puluhan tahun lalu.

"TB di dunia ini meningkat, kita sebenarnya sudah pemberantasan TB puluhan tahun lalu. Sekarang ini kelihatannya ada trennya, oleh karena itu dunia harus bersatu kembali untuk menyelesaikan ini," ujar JK.

"Contohnya saja obat ini sekarang masih mahal, dan masih lama 18 bulan contohnya. Harus ada obat yang lebih baik tapi lebih murah," imbuhnya.

Menurut JK, TBC bukan penyakit yang berdiri sendiri. Ada banyak faktor eksternal yang memengaruhinya.

"Efek daripada kemiskinan, pemerataan, lingkungan, pola hidup, TB itu tidak berdiri sendiri, beda sama kanker. Justru pengaruh eksternal lebih banyak," jelas JK.


JK ditemani Menkes Nila Moeloek dan Menko PMK Puan Maharani menghadiri pertemuan tingkat tinggi tentang TBC di Markas PBB. Dalam forum itu JK menyampaikan sejumlah poin yang berisi upaya-upaya untuk memberantas TBC. Poin-poin tersebut adalah:

1. Setiap negara harus menerapkan secara konkrit strategi nasionalnya masing-masing untuk mengakhiri TB.

2. Harus ada upaya yang lebih terpadu untuk memperkuat kapasitas untuk deteksi dini kasus TB. Khususnya, kasus baru yang melibatkan galur yang resisten terhadap obat-obatan.

3. Harus ada akses yang lebih besar dan setara dengan layanan kesehatan berkualitas untuk masyarakat umum.



Saksikan juga video 'Pemprov DKI Gandeng 100 Relawan Buat Perangi TBC':

[Gambas:Video 20detik]


(rna/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed