DetikNews
Rabu 26 September 2018, 16:37 WIB

PKB: Revolusi Mental Tak Lekang oleh Waktu

Elza Astari Retaduari - detikNews
PKB: Revolusi Mental Tak Lekang oleh Waktu Foto: Wasekjen PKB Daniel Johan. (Dok. Istimewa).
Jakarta - Petahana Presiden Joko Widodo kembali mengusung soal revolusi mental dalam visi-misinya. PKB menyebut revolusi mental yang jadi andalan Jokowi itu harus terus berjalan.

"Revolusi mental itu program yang tak lekang oleh waktu, akan terus relevan sepanjang waktu," ungkap Wasekjen PKB Daniel Johan dalam perbincangan dengan detikcom, Rabu (26/9/2018).

Ia menyebut, revolusi mental harus terus berjalan karena berkesinambungan dengan segala unsur dalam hidup bernegara ini. Daniel mengapresiasi program yang masih terus dibawa Jokowi itu.


"Karena menyatu dengan sistem pendidikan baik di sekolah maupun sistem pendidikan nilai di keluarga, dari satu generasi ke generasi berikutnya," ucap Wakil Ketua Komisi IV DPR itu.

"Jadi sudah benar Program Jokowi, yang nantinya akan memperkuat karakter bangsa yang beretos kerja, bergotong royong, jujur, dan nilai-nilai yang berkeutamaan lainnya," imbuh Daniel.

Dalam dokumen visi dan misi Jokowi-Ma'ruf, masih tertulis soal 'Revolusi Mental'. Frasa ini juga jadi jargon Jokowi dalam Pilpres sebelumnya, yang kebetulan juga berhadapan dengan Prabowo Subianto.


Pada visi dan misi kali ini, Jokowi bersama Ma'ruf Amin dan timnya menekankan pada revitalisasi Revolusi Mental. Revitalisasi itu juga mencakup perubahan mental karakter bangsa.

Sementara itu Prabowo-Sandiaga Uno menuliskan tentang '8 Karakter Utama'. Kedelapan karakter itu kemudian akan disinkronisasikan dengan sistem pendidikan nasional. 8 karakter utama itu yakni relijius, bermoral, sehat, cerdas dan kreatif, kerja keras, disiplin dan tertib, mandiri, bermanfaat.


Saksikan juga video 'Pesan Revolusi Mental Kapolri untuk Korlantas':

[Gambas:Video 20detik]


(elz/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed