DetikNews
Rabu 26 September 2018, 13:48 WIB

KPK: Anggota DPRD Sumut Ditangkap karena Tak Kooperatif

Haris Fadhil - detikNews
KPK: Anggota DPRD Sumut Ditangkap karena Tak Kooperatif M Faisal ketika ditangkap KPK (Foto: Resi Erlangga/detikcom)
Jakarta - KPK menangkap anggota DPRD Sumatera Utara (Sumut) Muhammad Faisal karena dinilai tidak kooperatif. Faisal merupakan 1 dari 38 tersangka yang diduga menerima suap dari mantan Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho.

"Tim KPK melakukan penangkapan terhadap tersangka M Faisal. Tersangka sebelumnya telah dipanggil 3 kali namun 2 kali tidak datang," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah, Rabu (26/9/2018).
Saat ini, tim KPK sedang melakukan pemeriksaan pada Faisal yang juga Ketua Fraksi Partai Golkar di DPRD Sumut itu di Polsek Sunggal, Medan. Nantinya dia akan dibawa ke Jakarta untuk proses lebih lanjut.

"Rencana sore ini akan dibawa ke Jakarta untuk proses lebih lanjut," ucapnya.

Memang di antara 38 tersangka itu, beberapa orang masih belum ditahan KPK. Dalam catatan detikcom, setidaknya baru 21 orang di antaranya yang ditahan. Untuk itu, KPK mengimbau agar mereka yang masih bebas untuk kooperatif apabila dipanggil.

"Hal ini menjadi pelajaran agar memenuhi panggilan penyidik dan mengikuti proses hukum yang berlaku," ucapnya.
Dalam kasus ini, KPK menetapkan 38 anggota DPRD Sumut periode 2009-2014 sebagai tersangka dugaan suap dari Gatot Pujo. Mereka diduga menerima duit Rp 300-350 juta per orang.

Saat ini ada 21 tersangka yang telah ditahan KPK. Selain itu, KPK juga telah menerima pengembalian duit Rp 7,15 miliar dari para tersangka.


Simak Juga 'Ungkapan Maaf Eks Anggota DPRD Sumut Tersangka Suap Gubernur Gatot':

[Gambas:Video 20detik]


(haf/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed