detikNews
Rabu 26 September 2018, 08:37 WIB

Penerobos Konvoi Jokowi Tak Ditahan, Polisi: Pelanggarannya Ringan

Ibnu Hariyanto - detikNews
Penerobos Konvoi Jokowi Tak Ditahan, Polisi: Pelanggarannya Ringan Penerobos konvoi Presiden Jokowi/Foto: Penerobos konvoi Jokowi
Jakarta - Perempuan berinisial A (28) dan rekannya yang menerobos iring-iringan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak ditahan. Alasannya, pelanggaran yang dilakukan keduanya tergolong ringan.

"Alasannya, karena tidak bisa ditahan karena pelanggarannya ringan," kata Kanit Laka Polres Metro Jaktim AKP Agus Suparyanto kepada detikcom, Selasa (25/9/2018) malam.

"Nggak ada (pelanggaran berat), kan narkoba kita ngecek ke rumah juga nggak ada, tidak positif narkoba cuman daftar G," sambungnya



Agus mengatakan setelah dilakukan pemeriksaan 1x24 jam keduanya dipulangkan. Meski demikian, Agus mengatakan perempuan berinisial A dan rekannya itu kenakan wajib lapor dua kali seminggu.

"Iya seminggu dua kali wajib lapor," ucapnya.

Agus menambahkan, dari hasil pemeriksaan A dan rekannya belum terbukti mengacungkan jari tengah dan meludahi konvoi pengamanan presiden. Namun, Agus tetap akan melakukan pemeriksaan lanjutan.



"Sampai saat ini belum terbukti (soal mengacungkan jari tengah dan meludah). Pemeriksaan lanjutan nanti, kita masih nunggu saksi-saksi yang lain," tambahnya.

Peristiwa ini terjadi pada Senin (24/9) pukul 08.46 WIB. Perempuan itu awalnya memotong jalur pengamanan presiden.

"Selanjutnya anggota PJR melakukan pengejaran. Namun saat berupaya menghentikan kendaraan, anggota PJR tersebut ditabrak. Akibatnya, kaki kanan anggota tersebut terkilir dan terluka," kata Agus saat dimintai konfirmasi, Selasa (25/9/2018).

Agus mengatakan urine A dan rekannya positif mengandung benzodiazepine, sejenis obat penenang atau obat tidur yang harus menggunakan resep dokter. A mendapatkan obat itu secara legal.

"Iya legal, dari resep dokter itu. Kita kan dalam mengenakan obat yang dijual bebas pun ada efek ngantuknya kan ya. Tapi ada keterangan di obat jual bebas pun tidak boleh mengemudi dan sebagainya. Itu mungkin juga efeknya ada," tuturnya.

Simak Juga 'Wanita Penerobos Konvoi Jokowi Kini Berstatus Tersangka':

[Gambas:Video 20detik]


(ibh/jbr)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com