DetikNews
Selasa 25 September 2018, 19:48 WIB

MA Tolak Kasasi Andi Narogong di Kasus e-KTP

Haris Fadhil - detikNews
MA Tolak Kasasi Andi Narogong di Kasus e-KTP Andi Narogong (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Mahkamah Agung menolak kasasi yang diajukan Andi Agustinus alias Andi Narogong dalam perkara korupsi proyek e-KTP. Selain itu, kasasi yang diajukan KPK ditolak.

"Status putus," demikian seperti tertulis dalam situs MA sebagaimana dilihat detikcom, Selasa (25/9/2018).

Putusan itu diketok pada 16 September 2018 dengan majelis hakim Mohamad Askin, Leopold Luhut Hutagalung, dan Surya Jaya. Kasasi yang diajukan, baik oleh Andi maupun KPK, ditolak.




"Amar putusan: terdakwa tolak, JPU tolak perbaikan," imbuhnya.

Namun MA belum memberikan penjelasan lebih lanjut soal detail putusan tersebut. Selain itu, MA belum membeberkan pertimbangan dalam putusan kasasi itu.

Di tingkat banding, Andi dihukum 11 tahun serta diwajibkan mengembalikan kerugian negara USD 2,5 juta dan Rp 1,1 miliar. Selain itu, status justice collaborator Andi juga dianulir.




Putusan itu lebih tinggi dibandingkan putusan tingkat pertama, yaitu 8 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan kurungan. Vonis yang dibacakan pada 21 Desember 2017 itu sesuai dengan tuntutan jaksa KPK.

KPK sempat menyampaikan kekecewaannya terkait putusan tingkat banding pada Andi. Salah satu kekecewaan KPK adalah terkait status justice collaborator.

"Salah satu pertimbangan yang cukup disayangkan adalah terkait JC (justice collaborator) dan posisi terdakwa sebagai pelaku utama sehingga hukuman yang diperberat," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah ketika berbincang dengan detikcom, Jumat (20/4/2018).
(haf/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed