DetikNews
Selasa 25 September 2018, 16:41 WIB

Pesan Soekarwo ke Plt Bupati Tulungagung Maryoto

Yulida Medistiara - detikNews
Pesan Soekarwo ke Plt Bupati Tulungagung Maryoto Foto: Gubernur Jatim Soekarwo. (Hilda Meilisa Rinanda-detikcom)
Jakarta - Maryotoa ditunjuk jadi Plt Bupati Tulungagung setelah Syahri Mulyo dinonaktifkan karena sedang ditahan KPK. Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengatakan tugas besar telah menanti Maryoto.

"Kepada Pak Plt ada tugas besar yaitu demokrasi berjalan bersama pemilihan Presiden dan pemilihan DPRD kabupaten kota," kata Soekarwo di Kemendagri, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (25/9/2018).


Soekarwo juga meminta wabup terpilih itu langsung berkoordinasi di bawah jajarannya. Ia menyebut akan ada pekerjaan rumah ke depan yaitu menyusun anggaran tahun berikutnya.

"Di satu pihak Wakil Bupati karena nggak boleh ada kekosongan pimpinan, maka bapak melaksanakan tugas bersama DPRD kerjasama dengan FKPD sesuai UU 23/2014 meningkatkan kesejahteraan rakyat," kata Soekarwo.

Sementara itu, Soekarwo berharap agar Syahri dan keluarganya sabar menghadapi ujian. Soekarwo meminta masalah ini dihadapai dengan tawakal.


Soekarwo berpesan agar Syahri meyakini bahwa Maryoto akan menjalankan visi misi keduanya. "Syahri Mulyo sekali lagi wakilnya yang dipilih adalah sahabat baik beliau, yakinlah visi misi Bapak dijalankan Plt dengan baik oleh Pak Plt," tuturnya.

Sebelumnya memang KPK telah memberi izin pada Syahri untuk menghadiri pelantikannya. Dia dilantik di Jakarta dengan pertimbangan biaya hingga keamanan.

"Dengan mempertimbangkan faktor efisiensi (biaya), faktor efektifitas (jarak dan waktu) serta faktor keamanan (tenaga pengamanan), maka pelantikan tersangka SM (Syahri Mulyo) sebagai Bupati Tulungagung dilakukan di Jakarta, merujuk pada tempat penahanannya di Polres Jakarta Timur," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah sebelumnya.

Selepas dilantik, Syahri langsung dikembalikan ke rutan. Syahri memang sebelumnya telah dijerat KPK lantaran menerima suap terkait proyek infrastruktur.


Simak Juga 'Pakde Karwo: Kita Harus Lawan Terorisme!':

[Gambas:Video 20detik]


(yld/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed