DetikNews
Selasa 25 September 2018, 12:35 WIB

Tumbuhkan Kebangsaan, PDIP Ajak Krisdayanti dkk Keliling Museum

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Tumbuhkan Kebangsaan, PDIP Ajak Krisdayanti dkk Keliling Museum Foto: Krisdayanti bersama caleg artis PDIP. (Wildan/detikcom).
Jakarta - PDI Perjuangan mengajak para calegnya, termasuk penyanyi Krisdayanti, untuk berkunjung ke Museum Kebangkitan Nasional. Kunjungan itu untuk menanamkan semangat kebangsaan para caleg, khususnya yang dari kalangan artis.

Rombongan PDIP yang dipimpin oleh Wasekjen PDIP Ahmad Basarah tiba di Museum Kebangkitan Nasional, Jalan Abdurrahman Saleh, Jakarta Pusat, sekitar pukul 11.30 WIB, Selasa (25/9/2018). Selain Krisdayanti, tampak caleg artis PDIP lainnya seperti Iis Sugianto, dan Kirana Larasati. Mayoritas memakai baju merah khas PDIP.


Begitu tiba di museum, rombongan langsung diperlihatkan film dokumenter soal isi museum. Museum Kebangkitan Nasional ini memang menunjukan soal proses lahirnya pemikiran Budi Utomo.

Setelah menonton film dokumenter, Krisdayanti dkk lalu berkeliling. Mereka melihat diorama para pelakar Stovia yang menjadi cikal bakal Kebangkitan Nasional melalui lahirnya pemikiran para pemuda cerdas yang tergabung di dalam organisasi Budi Utomo. Organisasi itu didirikan oleh Dr Sutomo bersama 8 pelajar Stovia pada tanggal 20 Mei 1908.

"Harapannya dengan field trip kebangsaan yang kita lakukan hari ini digedung Stovia teman-teman dapat mengupload hal ini di akun media sosialanya untuk mengingatkan bangsa jika kita punya sejarah," kata Ahmad Basarah sambil memimpin rombongan berkeliling di Museum Kebangkitan Nasional.

Tumbuhkan Kebangsaan, PDIP Ajak Krisdayanti dkk Keliling MuseumFoto: Krisdayanti dkk keliling museum. (Wildan/detikcom).

Basarah menyebut bangsa ini harus dihadirkan narasi-narasi tentang sejarah Indonesia. Ia meminta kepada para calegnya agar menghadirkan narasi positif, narasi kebangsaan kepada masyarakat.

"Pelajaran sejarah yang dipetik, persatuan nasional yang dipetik. Jelang pilpres, fitnah dan lainnya bagi saya mengadu domba. Teman-teman artis, budayawan ketika bertemu masyarakat sampaikan persatuan, jangan tentang hoaks, tentang fitnah," kata Basarah.


Dalam acara field trip PDIP itu, terlihat juga sejarawan Bonnie Triyawan dan tokoh-tokoh lainnya. Basarah berpesan agar para caleg memperhatikan situs-situs sejarah seperti di Museum Kebangkitan Nasional itu.

Wakil Ketua MPR itu menyebut, para caleg PDIP akan diajak ke museum lainnya setelah berkunjung ke Museum Kebangkitan Nasional. Basarah mengatakan, rakyat Indonesia harus memperhatikan peninggalan dan sejarah bangsa.

"Bangsa Indonesia kalau mau disebut negara besar kita harus memelihara baik situs-situs sejarah ini," ungkapnya.




Tonton juga 'Politisi PDIP Kwik Kian Gie Bantah Masuk Timses Prabowo-Sandi':

[Gambas:Video 20detik]


(elz/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed