DetikNews
Senin 24 September 2018, 21:31 WIB

Kopassus Kirim 11 Ton Tenda-Makanan untuk Korban Gempa Lombok

Herianto Batubara - detikNews
Kopassus Kirim 11 Ton Tenda-Makanan untuk Korban Gempa Lombok Foto: Kopassus serahkan bantuan untuk korban gempa di Lombok (istimewa)
Jakarta - Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI Angkatan Darat kembali menyalurkan bantuan untuk korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Korps baret merah ini berharap bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat di sana.

"Sebanyak 259 orang dilaporkan meninggal, 1.033 terluka dan 270.000 orang kehilangan tempat tinggal. Gempa bumi yang terjadi di Lombok merupakan duka bagi seluruh rakyat Indonesia. Oleh karenanya Kopassus harus siap tanggap dalam menangani dan melakukan langkah-langkah untuk membantu masyarakat di sana," ujar Kepala Penerangan Kopassus, Letkol CZI Denden Sumarlin, dalam keterangan tertulis, Senin (24/9/2018).


Kopassus Kirim 11 Ton Tenda-Makanan untuk Korban Gempa LombokFoto: Kopassus serahkan bantuan untuk korban gempa di Lombok (istimewa)


Letkol Denden menjelaskan, bantuan yang disalurkan satuan elite TNI yang bermarkas di Cijantung, Jakarta Timur, ini merupakan hasil penggalangan dari berbagai sumber baik dari instansi sipil, perusahaan, organisasi kemanusiaan dan masyarakat dan lainnya. Proses pengiriman bantuan ini juga dibantu oleh pihak-pihak swasta untuk mempercepat pengiriman.


Adapun total bantuan untuk masyarakat korban gempa di Lombok yaitu 11 ton yang terdiri dari 100 unit tenda, 1.150 potong kain panjang batik, 3 koli selimut, 400 dus pembalut wanita, makanan, obat-obatan, selimut dan keperluan sehari-hari yang sangat dibutuhkan," ucapnya.

Setibanya di lokasi, lanjut Letkol Denden, bantuan tersebut akan diserahkan Kopassus kepada Badan Penanggulangan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Selanjutnya BPNB akan menyerahkannya kepada Mayjen TNI Madsuni selaku Pangkogasgabpad (Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu).

"Kopassus sangat berterima kasih atas segala partisipasi semua kalangan hingga bantuan ini dapat terkumpul dan didistribusikan, dengan harapan dapat membantu mengurangi beban masyarakat Lombok yang tertimpa musibah gempa," ucapnya.
(hri/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed