DetikNews
Senin 24 September 2018, 15:39 WIB

Viral Curhat Penumpang Naik Lion Air tapi Tak Dapat Kursi

Niken Purnamasari - detikNews
Viral Curhat Penumpang Naik Lion Air tapi Tak Dapat Kursi Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta - Seorang penumpang Lion Air, Satwika Ika meluapkan curhatan di media sosial akibat tidak mendapat kursi di pesawat Lion Air yang dinaikinya. Dia mencari nomor kursi di pesawat dan bertanya oleh pramugari namun diacuhkan begitu saja.

Satwika mengatakan peristiwa itu terjadi pada Minggu (16/9) lalu. Dia hendak pergi dari Palembang ke Jakarta. Di tiket dan check in online, Satwika mendapat kursi nomor 35 F. Namun begitu naik ke pesawat, nomor itu tidak ada.

"Besokannya, ketika saya naik ke pesawat, ternyata kursinya cuma sampai nomor 34. Sekali lagi, cuma sampai nomor 34. Sedangkan nomor kursi saya 35. Terus, saya duduk di mana dong? Lesehan deket toilet? Kesialan saya bertambah karena saya bertemu dua pramugari yang kurang mengerti sopan santun. Saya tanya baik-baik apakah saya berada di pesawat yang benar sesuai dengan tiket," tulis Satwika, dilihat detikcom, Senin (24/9/2018).



Saat bertanya kepada pramugari, Satwika diminta menunggu dan duduk di kursi yang kosong tanpa penjelasan. Dia pun sempat menunggu di dekat toilet.

"Saya ikuti instruksinya. Saya mundur ke belakang dekat toilet dan berdiri di sana tanpa tahu apa yang sebenarnya terjadi. Kebetulan, di sebelah saya berdiri seorang pramugari lain. Saya sempat melirik papan nama, kalau tidak salah namanya Sherryl. 'Mbak, kok bisa ya kursinya cuma sampai 34 sedangkan saya nomor 35?' tanya saya saking penasaran. Lagi-lagi saya mengikuti arahan pramugari. Saya duduk di kursi kosong nomor 34 dekat jendela. Belum sampai lima menit nempelin bokong, eh yang punya kursi datang. Pramugari yang tadi nyuruh saya duduk, berbalik mengusir saya. Saya tetap ikuti karena bagaimanapun itu memang bukan kursi saya," ungkapnya.



"Tidak lama, datang seorang petugas laki-laki berbaju putih dan memakai rompi. Dia bilang hal saya sama: 'duduk saja di bangku yang kosong'. Bangku kosong itu yang mana maksudnya? Tunjukkin dong ke saya. Jangan saya disuruh nyari-nyari sendiri. Emangnya Kopaja apa? jawab saya kesal. Saya jalan mengikuti petugas. Kemudian petugas memberi saya kursi (saya tidak perhatikan lagi nomer berapa) di dekat jendela. Oke, akhirnya saya duduk juga di kursi sisa. Untung ada, kalau full gimana ya?" lanjut Sarwita.

Menanggapi curhatan itu, Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro menjelaskan ketidaksesuaian nomor di tiket dengan di pesawat karena adanya rotasi pesawat. Seharusnya Lion Air menggunakan Boeing 737-900ER yang berkapasitas 215 kursi dengan nomor 39. Namun batal dilakukan.



"JT-1341 seharusnya dioperasikan Boeing 737-900ER berkapasitas 215 kursi dengan nomor hingga 39. Dikarenakan rotasi pesawat yang berpotensi menyebabkan keterlambatan penerbangan, maka Lion Air menggunakan Boeing 737-800NG berkapasitas 189 penumpang yaitu baris kursi sampai nomor 34," jelas Danang dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom.

"Alasan penggantian pesawat dilakukan secara mendadak karena operasional, yang bertujuan untuk menjamin keselamatan penerbangan dan ketepatan waktu terbang. Dalam kondisi saat penggantian pesawat sebagian besar penumpang sudah melakukan check-in. Lion Air JT-1341 telah lepas landas sesuai jadwal keberangkatan (schedule time departure) dari Palembang yaitu pukul 07.05 WIB," imbuhnya.



Tonton juga 'Permintaan Maaf Pelaku Candaan Bom Lion Air':

[Gambas:Video 20detik]


(nkn/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed