DetikNews
Senin 24 September 2018, 11:27 WIB

Bawaslu Gelar Sidang Gugatan OSO ke KPU

Yulida Medistiara - detikNews
Bawaslu Gelar Sidang Gugatan OSO ke KPU Oesman Sapta Odang (OSO)/Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Bawaslu menggelar sidang pemeriksaan dugaan pelanggaran administrasi dari pemohon Ketum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) terhadap KPU. Gugatan diajukan OSO karena KPU mencoret namanya dari daftar calon tetap (DCT) KPU.

"Nanti agendanya pembacaan permohonan, pemeriksaan bukti dan pemeriksaan saksinya," kata pengacara OSO, Dodi S Abdulkadir, saat dihubungi, Senin (24/9/2018).

Sidang akan digelar di kantor Bawaslu, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat. Sidang diagendakan pukul 16.00 WIB.





Pihak OSO juga akan diwakilkan Yusril Ihza Mahendra sebagai koordinator kuasa hukum. Pihak OSO akan menghadirkan 2 saksi ahli yakni mantan Ketua MK Hamdan Zoelva dan politikus Hanura I Gede Pasek Suardika.

"Ahli yang hadir mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Hamdan Zoelva dan Mantan Ketua Komis III Bidang Hukum DPR RI Gede Pasek," ujar Dodi.

Gugatan diajukan karena KPU memutuskan mencoret nama OSO dari DCT DPC. Pencoretan dilakukan karena OSO tidak menyerahkan surat pengunduran diri pengurus parpol.





Keputusan ini menyusul putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang melarang pengurus parpol menjadi calon anggota DPD RI atau senator.

Keputusan MK soal anggota DPD tidak boleh lagi rangkap jabatan dengan menjadi pengurus parpol termaktub dalam putusan MK No. 30/PUU-XVI/2018 yang dibacakan pada Senin, (23/7).




Tonton juga 'Digugat OSO ke Bawaslu, KPU Siap Pertahankan Putusannya':

[Gambas:Video 20detik]


(yld/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed