DetikNews
Sabtu 22 September 2018, 16:52 WIB

Kepada Wisudawan, Rommy Cerita Soal Kesuksesan Via Vallen

Robi Setiawan - detikNews
Kepada Wisudawan, Rommy Cerita Soal Kesuksesan Via Vallen Foto: PPP
Jakarta - Ketua Umum PPP M. Romahurmuziy (Rommy) menyorot kesuksesan Via Vallen melalui perkembangan teknologi. Dirinya mengatakan tahapan atau proses untuk menjadi penyanyi terkenal yang kini telah dimudahkan dengan adanya Youtube.

"Contohnya adalah Via Vallen dan Sabyan yang muncul pertama kali di Youtube yang saat untuk sekali manggung bisa hampir Rp 100 juta bahkan bisa lebih," kata Rommy dalam keterangan tertulis, Sabtu (22/9/2018).



Hal tersebut disampaikan Rommy saat berbicara mengenai tantangan kerja yang kini telah berubah, dalam pidato ilmiahnya di depan 1.200 wisudawan pada acara Wisuda dan Rapat Senat Terbuka ke-23 di IAIN Tulungagung.

"Para wisudawan harus bisa menjawab tantangan kerja yang ada. Mereka juga harus mengetahui semua perubahan yang ada saat ini, sehingga mengambil peran dalam setiap perubahan yang ada," katanya.

Dirinya juga mengatakan bahwa kemajuan di dunia digital membuat pola kerja juga ikut berubah. Banyak pekerjaan yang dulunya menggunakan tenaga manusia, kini berubah menggunakan mesin. Namun sejumlah jenis pekerjaan baru pun muncul.

"Saat ini misalnya, transaksi keuangan berubah. Pekerjaan rutin mulai dari teller bank, customer services, sampai pengacara akan digantikan oleh mesin," ungkapnya.



Lebih lanjut, menurutnya gelombang otomatisasi juga sudah mulai melanda Eropa dalam 10 tahun terakhir ini. Bahkan membuat sekitar 48 ribu kantor cabang bank tutup karena nasabah bank memilih teknologi keuangan (FinTech) dibandingkan harus datang ke kantor bank. Akibatnya PHK massal di sektor perbankan tidak terhindarkan.

Perubahan-perubahan seperti ini yang disebut Rommy dengan disrupsi ekonomi atau kekagetan ekonomi, yang harus diantisipasi oleh para wisudawan. Dirinya pun meminta wisudawan untuk tidak hanya mencari lowongan kerja, namun juga membuka peluang kerja dan hal yang sebelumnya tak terpikirkan.



Saksikan juga video 'Saat Rektor Hingga Wisudawan UI Dendangkan Lagu Via Vallen':

[Gambas:Video 20detik]


(mul/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed