DetikNews
Jumat 21 September 2018, 12:58 WIB

Begini Persiapan KPU Jelang Pengambilan Nomor Urut Capres

Dwi Andayani - detikNews
Begini Persiapan KPU Jelang Pengambilan Nomor Urut Capres Persiapan di KPU. (Dwi Andayani/detikcom)
FOKUS BERITA: Masa Kampanye Damai
Jakarta - Pengambilan nomor urut capres-cawapres akan dilakukan malam nanti. KPU sudah bersiap sejak pagi hari.

Pantauan di gedung KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (21/9/2018), persiapan pengambilan nomor urut capres-cawapres sudah terlihat sedang memasuki gedung. Memasuki area KPU, ada beberapa lapis pihak keamanan. Dari pengamanan internal KPU, Polri, hingga Paspampres. Tamu yang masuk ke area KPU diperiksa dengan metal detector.


Di lapangan depan gedung KPU, tampak tenda yang berisi kursi dan dua layar besar. Nantinya, area ini diperuntukkan bagi para pendukung tiap pasangan calon.

Para pendukung dapat melihat proses pengambilan nomor urut dan pidato dari layar yang telah disiapkan. Tenda ini dibagi dua sisi. Nantinya pendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan ditempatkan secara terpisah.

Begini Persiapan KPU Jelang Pengambilan Nomor Urut CapresPersiapan di KPU. (Dwi Andayani/detikcom)

Pasangan calon juga akan melewati tenda ini untuk naik ke ruang pengambilan nomor. Bila sudah steril, hanya penyelenggara pemilu yang dapat masuk ke gedung KPU, selain paslon dan petinggi parpol pengusung.

"Tentu (yang boleh masuk) penyelenggara pemilu, KPU, Bawaslu, DKPP, pemerintah, DPR, NGO," ujar ketua KPU Arief Budiman di gedung KPU.


Ia mengatakan pihaknya telah memberikan kuota 150 orang yang dapat memasuki area KPU. Menurut Arief, pembagian siapa saja yang masuk daru kuota tersebut diserahkan kepada tiap parpol.

"Makanya kami memberikan kuota, silakan masing-masing paslon mengatur di internal mereka, kan banyak partai bergabung di situ, silakan diatur," tuturnya.

Begini Persiapan KPU Jelang Pengambilan Nomor Urut CapresTenda untuk pendukung. (Dwi Andayani/detikcom)

Pengundian nomor urut dilakukan di Ruang Sidang A lantai 2 gedung KPU pada pukul 20.00 WIB. Di depan ruang sidang, pihak pengamanan dari KPU sudah berjaga sejak pagi. Ruang sidang tempat pengundian nomor akan steril dua jam sebelum acara.



Tonton juga 'Biar Nggak Macet, Sandi Minta Tak Ada Mobilisasi Massa ke KPU':

[Gambas:Video 20detik]


(dwia/elz)
FOKUS BERITA: Masa Kampanye Damai
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed