DetikNews
Jumat 21 September 2018, 11:27 WIB

KPK Intip Rekening Setya Novanto: Isinya Rp 900 Juta

Haris Fadhil - detikNews
KPK Intip Rekening Setya Novanto: Isinya Rp 900 Juta Koruptor e-KTP Setya Novanto (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - KPK sudah mengecek isi rekening koruptor e-KTP Setya Novanto. Pengecekan dilakukan dalam rangka pembayaran uang pengganti.

"Tapi belum dipindahbukukan, baru pengecekan awal," ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Jumat (21/9/2018).

"Rekening (jumlahnya) Rp 900 juta," sambung Febri.




Surat kuasa untuk pemindahbukuan rekening itu memang sebelumnya sempat diantarkan istri Novanto, Deisti Astriani Tagor, ke KPK. Selain itu, ada surat kuasa untuk menerima hasil pembayaran uang pembebasan tanah milik Novanto di Jatiwaringin, Bekasi.

"Tanah di Jatiwaringin ada surat kuasa untuk KPK menerima (pembayaran) ganti kerugian. Kemudian akan jual rumah di Cipete. Nilai tanah di Jatiwaringin serta tanah dan rumah di Cipete itu sekitar Rp 13 miliar," ucapnya.
Novanto sebenarnya sudah mencicil uang pengganti yang totalnya USD 7,3 juta itu. Novanto pernah menitipkan Rp 5 miliar ke KPK, kemudian mencicil USD 100 ribu, dan ditambah penyitaan KPK pada rekeningnya senilai Rp 1.116.624.197. Namun pembayaran itu belum cukup untuk melunasi hukuman uang penggantinya.

Untuk pidana pokoknya, dia divonis 15 tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan. Untuk pidana denda Rp 500 juta, Novanto sudah melunasinya.
(haf/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed