DetikNews
Kamis 20 September 2018, 18:34 WIB

Pengamanan Jokowi di Pilpres 2019 Dipegang Langsung Paspampres

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Pengamanan Jokowi di Pilpres 2019 Dipegang Langsung Paspampres Foto ilustrasi Paspampres (Biro Pers Setpres)
FOKUS BERITA: Masa Kampanye Damai
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menjadi calon presiden di Pilpres 2019 setalah ditetapkan KPU hari ini. Berbeda dengan capres dan cawapres lainnya yang pengamannya dipegang Polri, pengamanan Jokowi masih dipegang langsung Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

"Presiden tetap berlaku dari Paspampres yang akan melaksanakan kegiatan pengamanan. Kecuali yang dimaksud dalam aturan-aturan bahwa kegiatan tidak boleh menggunakan fasilitas negara," kata Wakapolri Komjen Ari Dono, di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Kamis (20/9/2018).



Sementara itu, untuk capres cawapres Prabowo Subianto, Sandiaga Uno, dan Ma'ruf Amin nantinya ada 37 personel kepolisian yang melakukan pengamanan 1 kali 24 jam. Sebelumnya Polri telah melakukan seleksi terhadap anggotanya dan telah terpilih sebanyak 452 personel. Mereka akan bergantian melakukan pengamanan.

"Telah ditetapkan ada sebanyak 452 personel yang nantinya mengawaki pengamanan Capres-Cawapres inti. Dan 3 calon akan melakat itu sebanyak 37 orang," ujarnya.



"Ini yang nantinya kita siapkan pengamanan kepada para calon 1 kali 24 jam melekat. Itu untuk kegiatan untuk di Jabodetabek," lanjutnya.

Sementara untuk kegiatan di luar Jabodetabek, Ari menyebut Polda di daerah juga sudah siap melakukan pengamanan saat kunjungan capres-cawapres.




Tonton juga '452 Polisi Siap Kawal Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi Kampanye':

[Gambas:Video 20detik]


(nvl/dnu)
FOKUS BERITA: Masa Kampanye Damai
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed