DetikNews
Kamis 20 September 2018, 17:26 WIB

452 Personel Polri Siap Amankan Prabowo-Sandi dan Jokowi-Ma'ruf

Noval Dhwinuari Antony, Dwi Andayani - detikNews
452 Personel Polri Siap Amankan Prabowo-Sandi dan Jokowi-Maruf KPU menyerahkan SK pengamanan capres cawapres kepada Polri (Foto: Noval/detikcom)
FOKUS BERITA: Masa Kampanye Damai
Jakarta - Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto mengatakan pihaknya telah melakukan seleksi personel untuk melakukan pengamanan terhadap capres-cawapres. Seleksi yang dilakukan selama dua bulan menghasilkan ada sebanyak 452 personel Polri yang terpilih.

"Mabes Polri telah melaksanakan seleksi pengamanan capres cawapres ini sekitar 2 bulan. Kita laksanakan seleksi kesehatan, fisik. Kemudian kita lakukan asesmen," kata Ari Dono di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (20/9/2018).


"Dan dalam kegiatan tersebut kita tetapkan ada sebanyak 452 personel yang nantinya akan melakukan pengamanan capres cawapres ini. Dan tiap calon presiden melekat sebanyak 37 orang terdiri ADC (Aide De Camp), walpri (pengawal pribadi)," sambungnya.

452 personel ini akan dibagi tiga untuk mengamankan Prabowo Subianto, Sandiaga Uno, dan Ma'ruf Amin. Dari jumlah itu, sebanyak 37 personel akan secara bergantian menempel capres cawapres 1x24 jam. Sementara Joko Widodo akan tetap diamankan Paspampres.

Ari Dono mengatakan pengamanan terhadap para calon dilakukan selama 1x24 jam melekat untuk di Jabodetabek. Sementara kegiatan di luar Jabodetabek, Polda setempat juga akan menyiapkan pengamanan dari penjemputan hingga lokasi kegiatan para capres cawapres.

Secara simbolis, KPU menyerahkan SK pengamanan capres cawapres kepada Polri. Dengan penyerahan ini KPU menyerahkan tanggung jawab pengamanan kepada para capres cawapres kepada Polri.


"Secara resmi SK telah diberikan kepada KPU dan kepolisian," kata Ketua KPU Arief Budiman.

Sebelumnya diberitakan KPU menggelar rapat pleno dan menetapkan Joko Widodo dan Prabowo Subianto sebagai capres. Selain itu KPU juga menetapkan KH Ma'ruf Amin sebagai cawapres Jokowi, sementara Sandiaga Uno sebagai cawapres Prabowo.

"Hasil rapat menetapkan bahwa 2 calon yang mendaftarkan ke KPU Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dinyatakan memenuhi syarat," ujar Arief dalam jumpa pers di kantornya, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (20/9).



Tonton juga 'Timses Jokowi ke Relawan: Jangan Jelekkan Kubu Sebelah!':

[Gambas:Video 20detik]


(jbr/elz)
FOKUS BERITA: Masa Kampanye Damai
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed