DetikNews
Kamis 20 September 2018, 02:44 WIB

Tiga Inovasi Layanan Publik Surabaya Raih Penghargaan Top 99 Sinovik

Zaenal Effendi - detikNews
Tiga Inovasi Layanan Publik Surabaya Raih Penghargaan Top 99 Sinovik Foto: Foto: Daniel/Wolipop
Surabaya - Tiga inovasi Pemkot Surabaya berhasil meraih penghargaan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dalam Top 99 Sistem Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik).

Ketiga inovasi itu, akte lahir, kematian, perkawinan, perceraian, surat pindah datang dan pindah keluar secara online. Kemudian inovasi Tahu Panas (tak takut kehujanan dan tak takut kepanasan) yang merupakan kegiatan perbaikan rumah tidak layak huni melalui program rehabilitasi sosial daerah kumuh. Ketiga, inovasi Pahlawan Ekonomi dan Pejuang Muda.

Menteri Pendayagunaan dan Aparatur Negara, Syafruddin berpesan agar pemerintah daerah terus membuat inovasi yang bertujuan memudahkan masyarakat.


"Yang kita selenggarakan sebuah cerminan bahwa pelayanan publik di Indonesia semakin baik, cuma selam ini publik banyak yang tidak tahu. Layanan publik yang benar benar menyentuh pada masyarakat," katanya usai acara Top 99 Sinovik di Hotel Shangri-La Surabaya, Rabu (19/9/2018) malam.

Ia juga berharap dengan adanya penghargaan layanan publik bisa memacu pemda sehingga
membuat dunia luar bisa berkaca ke Indonesia jika layanan publik makin baik.

"Ke depan jangan selalu berkaca diluar tapi orang luar harus berkaca ke kita," harapnya.


Ia juga mengatakan para penerima penghargaan malam ini akan kembali dilombakan untuk menjadi 40 terbaik dan akan diumumkan pada November 2018 mendatang. "Nanti akan diseleksi lagi, tahun ini akan berujung 40 yang terbaik pada November bersamaan saat acara International Public Service Forum di Jakarta," tambah Syarifuddin.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan tujuan awal berbagai inovasi itu bukan untuk meraih penghargaan, tapi tujuan awalnya adalah untuk mempermudah layanan masyarakat. "Gol akhirnya dari semua inovasi ini adalah warga Surabaya lebih sejahtera," katanya usai menerima penghargaan.


Risma juga berharap, warga Surabaya terus bekerja keras dan tidak mudah tergoda supaya bisa berhasil dan sukses. Sebab, apabila sukses akan bisa membantu anak-anaknya untuk sukses pula.

"Jadi, dalam kompetisi ini saya tidak melihat bergengsi atau tidaknya, tapi bagi saya adalah untuk menyemangati teman-teman (PNS) supaya terus bersemangat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," pungkas Risma.



Saksikan juga video 'Saat Risma Ikut Bersih-bersih Jalan Pakai Semprotan Air':

[Gambas:Video 20detik]


(ze/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed