DetikNews
Rabu 19 September 2018, 12:12 WIB

Jokowi Minta Gubernur NTB Selesaikan Rekonstruksi Rumah Korban Gempa

Andhika Prasetia - detikNews
Jokowi Minta Gubernur NTB Selesaikan Rekonstruksi Rumah Korban Gempa Gubernur NTB Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah di Istana Negara/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah segera merampungkan rekonstruksi rumah korban gempa Lombok.

"Tadi saya sampaikan ke pak gubernur dan bu wagub langsung bekerja, langsung bekerja. Karena di provinsi NTBn ada persoalan besar yang segera harus diselesaikan yaitu rehabilitasi dan rekonstruksi rumah-rumah yang kemarin menjadi korban gempa," kata Jokowi kepada wartawan usai melantik Zulkieflimansyah-Sitti Rohmi Djalilah sebagai gubernur-wagub NTB di Istana Negara, Jakarta, Rabu (19/8/2018).

Selain rumah warga korban gempa, Jokowi meminta gubernur NTB menyelesaikan rehabilitasi fasilitas umum seperti sekolah, rumah sakit dan puskesmas.

"Tugas utamanya ke sana dulu," sebut Jokowi.




Ditanya mengenai adanya dana bantuan yang belum cair, Jokowi menegaskan, proses verifikasi yang harus dilakukan. "Ini kan stepnya satu per satu. Kalau ada yang siap, sudah diverifikasikan tentu saja akan diberikan. Kalau belum kan proses lapangan, ada verifikasi, nanti diberikan lagi," paparna.





Sementara itu, Zulkieflimansyah mengatakan, Jokowi memang menekankan proses rehabilitasi pasca gempa Lombok yang harus dirampungkan. Dia bersama Siti Rohmi Djalilah akan berkoordinasi dengan kepala daerah terdampak gempa yakni kabupaten Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Timur, Pulau Sumbawa.

"Prioritas utama kami sebagai gubernur, memastikan bersama Ibu Wakil Gubernur proses rehabilitasi dan rekonstruksi berjalan dengan lancar," ujarnya.



Tonton juga 'Jeritan Hati Para Bupati Lombok soal Penanganan Gempa':

[Gambas:Video 20detik]


(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed