DetikNews
Rabu 19 September 2018, 11:49 WIB

Novanto Batal Bersaksi Sidang Kasus Suap Proyek Bakamla

Faiq Hidayat - detikNews
Novanto Batal Bersaksi Sidang Kasus Suap Proyek Bakamla Koruptor e-KTP Setya Novanto yang batal bersaksi di sidang Fayakhun Andriadi (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Setya Novanto batal memberikan kesaksian dalam sidang lanjutan perkara suap terkait proyek di Badan Keamanan Laut (Bakamla). Kenapa?

"Kondisi kesehatan tidak memungkinkan (hadir)," ujar jaksa KPK dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Rabu (19/9/2018).

Koruptor e-KTP seharusnya menjadi saksi untuk terdakwa Fayakhun Andriadi dalam sidang tersebut. Novanto dipanggil jaksa KPK dalam kapasitas semasa menjabat ketua Fraksi Golkar di DPR.
Namun Irvanto Hendra Pambudi Cahyo yang merupakan keponakan Novanto telah hadir untuk memberikan kesaksian. Irvanto juga berstatus terdakwa tetapi dalam perkara lain yaitu korupsi proyek e-KTP.

Dalam perkara ini, Fayakhun didakwa menerima suap berupa USD 911.480 atau sekitar Rp 13 miliar dari mantan Direktur PT Merial Esa, Fahmi Darmawansyah. Uang suap itu dimaksud agar Fayakhun menambahkan anggaran Bakamla untuk proyek pengadaan satelit monitoring dan drone.




Tonton juga 'Kasus Suap Satelit Bakamla, Laksma Bambang Divonis 4,6 Tahun Bui':

[Gambas:Video 20detik]


(fai/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed