DetikNews
Rabu 19 September 2018, 10:39 WIB

Saat SBY Absen Lagi di Pertemuan Koalisi Prabowo-Sandi

Zunita Putri - detikNews
Saat SBY Absen Lagi di Pertemuan Koalisi Prabowo-Sandi SBY (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Koalisi Prabowo-Sandiaga tadi malam mengambil keputusan penting dengan menetapkan nama koalisi dan susunan timses. Namun ada yang 'hilang' semalam, yaitu sosok Ketum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Pertemuan koalisi tadi malam berlangsung di kediaman bakal capres yang juga Ketum Gerindra, Prabowo Subianto, di Jl Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa (18/9/2018). Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Presiden PKS Sohibul Iman juga hadir, begitu pula bakal cawapres Sandiaga Uno.

Tapi SBY tidak hadir. Keberadaan Partai Demokrat diwakili Waketum Syarief Hasan.



Sekjen Gerindra Ahmad Muzani mengatakan hasil dari pertemuan itu akan disampaikan kepada SBY. Hasil itu di antaranya nama koalisi, yaitu Koalisi Indonesia Adil Makmur.

"Tadi Pak Syarif sudah membawa semua apa yang dibicarakan di sini dan Pak Syarif akan menyampaikan atau melaporkan kepada ketua umum Partai Demokrat, Pak SBY tentu saja," kata Muzani.

Jumpa pers usai pertemuan koalisi Prabowo-Sandiaga / Jumpa pers seusai pertemuan koalisi Prabowo-Sandiaga (Grandyos Zafna/detikcom)


Ini bukan pertama kali SBY absen dalam pertemuan koalisi Prabowo-Sandiaga. Pada 7 September 2018, SBY tidak hadir saat Prabowo menggelar rapat bersama para ketum koalisi.



Saat deklarasi Prabowo-Sandi pada Kamis (9/8), SBY dan jajaran Partai Demokrat juga memilih absen dan menggelar rapat internal. SBY juga tidak hadir saat pendaftaran pasangan Prabowo-Sandi ke KPU pada Jumat (10/8). Kehadiran SBY saat itu diwakili Komandan Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan elite lain. PSI sempat meledek ketidakhadiran SBY dengan menyebut koalisi Prabowo-Sandi sebagai koalisi tak kuorum.

Mengapa SBY tidak hadir?




Tonton juga 'SBY Puji Pemerintahan Jokowi, Ini Komentar Kubu Prabowo':

[Gambas:Video 20detik]


(imk/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed