DetikNews
Rabu 19 September 2018, 08:32 WIB

Sidang Perdana Pencucian Uang Triliunan Rupiah Abu Tours Digelar

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Sidang Perdana Pencucian Uang Triliunan Rupiah Abu Tours Digelar Abu Hamzah (ist.)
Makassar - Sidang perdana kasus pencucian dan penipuan uang jemaah Abu Tours dengan nilai kerugian mencapai triliunan rupiah digelar pagi ini. Sosok yang duduk di kursi terdakwa tidak lain adalah bos Abu Tours, Hamza Mamba.

Rencananya, sidang akan digelar di Pengadilan Negeri Makassar sekitar pukul 10.00 WITA, Rabu (19/9/2018).

Berkas Hamzah Mamba telah terdaftar di PN Makassar dengan nomor resgitrasi 1235/Pid.B/2018/PN MKS. Sidang ini akan dipimpin ketua majelis hakim Denny Lumban Tobing.

Dia didakwa pasal 378 KUHP juncto pasal 55 ayat (1) dan juga pasal 3 undang-undang Republik Indonesia nomor 8 Tahun 2010 Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang Jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP Jo. Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Penegak hukum diketahui telah menyita aset Abu Tours dengan nilai Rp 250 Miliar. Aset-aset itu diantaranya berupa Pesantren Al Ikram berupa tanah bangunan dan sertifikat, Alika printing berupa alat pencetak, Radio Bharata, Alabaik berupa Restoran Chopper, Lobby Silverhawk, Kabuki.

Tidak hanya itu, polisi juga ikut menyita cek Rp 1,6 miliar untuk pembelian satu unit rumah mewah di Perumahan CitraLand Ciputra. Untuk menghadapi Hamzah Mamba, pihak kejaksaan telah menyiapkan 15 jaksa.

"Ada 15 Jaksa gabungan Kejati dan Kejari Makassar yang ditunjuk untuk sidangnya," kata Kepala Kejaksaan Negeri Makassar, Dicky Rahmat Raharjo.


Simak Juga 'Para Korban Abu Tours Unjuk Rasa di Kementerian Agama':

[Gambas:Video 20detik]


(tfq/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed