Bangkit dari Kebakaran, Pedagang Baju Senen Bertahan di Pasar Baru

Jabbar Ramdhani - detikNews
Selasa, 18 Sep 2018 18:02 WIB
Suasana Pasar Baru Metro Atom lantai 4 (Foto: Dok. Pribadi)
Jakarta - Setahun lebih sudah pedagang Pasar Senen pindah tempat berjualan akibat kebakaran pada awal 2017 lalu. Sebagian dari mereka kini menempati Pasar Baru Metro Atom lantai 4.

Wargono, koordinator pedagang Pasar Baru Metro Atom lantai 4 mengatakan para pedagang mulai bangkit. Mereka berterima kasih kepada PD Pasar Jaya yang menampung mereka untuk menggelar lapak dagangannya.

Salah satu toko yang menjual kemejaSalah satu toko yang menjual kemeja (Foto: Dok. Pribadi)

"Satu tahun setelah kebakaran di Pasar Senen, kita ditampung PD Pasar Jaya di Pasar Baru Metro Atom lantai 4. Sampai saat ini terus bertahan dan mulai bangkit kembali. Kita terima kasih sama PD Pasar Jaya sudah membina pedagang yang selama ini fasilitasi sampai kita bangkit kembali," kata Wargono saat dihubungi, Selasa (18/9/2018).


Dia mengatakan ada sebanyak 145 kios nonpermanen di lokasi tersebut. Sama seperti saat di Pasar Senen, mayoritas mereka masih menjual pakaian impor bekas.

Barang-barang lain yang dijual di Pasar Baru lantai 4Barang-barang lain yang dijual di Pasar Baru lantai 4 (Foto: Dok. Pribadi)
Dia mengatakan barang yang dijual di Pasar Baru punya harga bersaing dengan kualitas yang cukup baik. Di sini dijual berbagai pakaian dari kemeja, blus wanita, celana, hingga sepatu.

"Soal harga bersaing, kualitas barang bersaing. Nggak kalah dengan Senen. Kalau di sana masih ada Rp 10 ribu. Di sini barang sortiran dengan harga terjangkau Rp 25 ribu, bervariasi harganya," ujar Wargono.


Dia mengatakan saat ini sudah cukup banyak pembeli yang datang. Dia mengatakan selain barang pilihan dan harga yang bersaing, belanja di Pasar Baru dijamin akan membuat pelanggan nyaman.

Tampak baju anak-anak juga dijualTampak baju anak-anak juga dijual (Foto: Dok. Pribadi)
"Kita fasilitas AC, eskalator, ada food court juga. Jadi pengunjung bisa belanja dengan aman dan nyaman," ujar dia.

Wargono mengatakan saat ini para pedagang tengah mengajukan permohonan kepada PD Pasar Jaya untuk memperpanjang masa penampungan di Pasar Baru. Dia mengaku saat ini para pedagang masih belum ditarik uang retribusi untuk kios yang dibuka. Para pedagang berharap bisa bertahan di Pasar Baru karena pembeli di Pasar Senen pun sudah mulai sepi. (jbr/tor)