Zumi Zola Tertawa soal Video Viral di Bandara: Enak Ya Jalan-jalan

Faiq Hidayat - detikNews
Senin, 17 Sep 2018 10:38 WIB
Gubernur Jambi nonaktif Zumi Zola menjalani sidang perdana di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (23/8/2018). (Faiq Hidayat/detikcom)
Jakarta - Video yang memperlihatkan sosok Gubernur Jambi nonaktif, Zumi Zola, sedang berada di bandara jadi viral di media sosial. Zumi hanya tertawa mendengar kabar video tersebut.

"Enak ya jalan-jalan," kata Zumi Zola sembari tertawa kepada wartawan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta, Senin (17/9/2018).


Meski begitu, Zumi enggan menanggapi lebih jauh mengenai video tersebut. Ia menyerahkan hal tersebut kepada kuasa hukumnya.

"Saya mau fokus bersidang hari ini. Kita ikuti sidang hari ini, selebihnya biar pengacara yang jawab," terang dia.

Sebelumnya, pengacara Zumi, Muhammad Farizi, mengatakan video itu merupakan kejadian beberapa bulan lalu. Saat itu, Zumi, yang berstatus tahanan KPK, baru saja tiba dari Jambi setelah menjadi saksi dalam persidangan anggota DPRD Jambi Supriono, yang ditangkap dan kemudian ditetapkan sebagai tersangka suap oleh KPK.

"Kalau saya lihat video itu, kalau tidak salah itu beberapa bulan yang lalu bersama saya juga untuk hadir sebagai saksi dalam persidangan atas nama terdakwa Supriono (anggota DPRD Jambi yang terkena OTT)," kata Farizi kepada detikcom, Minggu (16/9) malam.


Zumi Zola sedang ditahan KPK karena tersangkut kasus dugaan gratifikasi dan suap.

Farizi menyebutkan saat itu Zumi dikawal petugas KPK. Zumi disebutnya pergi ke Jambi pada pagi hari dan kembali ke Jakarta pada sore hari dengan pengawalan petugas.

"Saat itu beliau sudah ditahan dan didampingi pengawal tahanan KPK naik pesawat pukul 06.00 WIB pagi dari Jakarta, sore langsung balik lagi ke tahanan," ucapnya.

Kasus Zumi kini telah memasuki tahap persidangan. Dia didakwa menerima gratifikasi dengan total nilai Rp 44 miliar dan mobil Toyota Alphard. Gratifikasi itu disebut diterima Zumi sejak dia menjabat Gubernur Jambi.

Selain itu, dia didakwa menyetor Rp 16,490 miliar ke DPRD Jambi. Uang itu disebut untuk mempermulus pengesahan Rancangan Perda APBD Jambi Tahun 2017-2018.




Tonton juga 'Zumi Zola Didakwa Terima Suap Rp 44 M dan Alphard':

[Gambas:Video 20detik]

(fai/idh)