detikNews
Sabtu 15 September 2018, 15:49 WIB

Dialog Kebangsaan di Kalbar, Ma'ruf Amin: Pancasila Tak Bisa Diganti

Ibnu Hariyanto - detikNews
Dialog Kebangsaan di Kalbar, Maruf Amin: Pancasila Tak Bisa Diganti KH Ma'ruf Amin di acara Dialog Kebangsaan di Kalbar (Ibnu/detikcom)
Pontianak - Dewan Pembina BPIP KH Ma'ruf Amin berkunjung ke Pontianak, Kalimatan Barat. Ma'ruf Amin menjadi pembicara dialog kebangsaan yang diselenggarakan oleh Aliansi Pemuda Lintas Agama Pontianak.

Pantauan detikcom, acara dialog dilaksanakan di ruang Talakar, Hotel Mahkota, Jalan Sidas, Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (15/9/2018). Ma'ruf Amin tiba di lokasi sekitar pukul 14.00 WIB.

Ma'ruf Amin, yang juga bakal cawapres Pilpres 2019, terlihat memakai jas berwarna abu-abu lengkap dengan peci hitam dan selendang berwarna putih. Ma'ruf pun langsung duduk di kursi yang ada di atas panggung bersama Ketua PWNU Kalbar Hildi Hamid.


Dialog kebangsaan bertema 'Membangun Negeri Tanpa Diskriminasi' ini dipandu oleh akademis Jipridin. Acara ini diikuti sejumlah organisasi pemuda, dari KAHMI, PMII, pemuda Katolik, hingga mahasiswa Katolik.

KH Ma'ruf Amin di acara Dialog Kebangsaan di Kalbar (Ibnu/detikcom)

Ma'ruf Amin mengajak semua hadirin bersyukur karena Indonesia memiliki landasan ideologi Pancasila. Menurutnya, Pancasila adalah titik temu dan kesepakatan sehingga lahirlah NKRI.


"Kita sebagai bangsa bersyukur karena kita punya landasan kesepakatan yang menjadikan lahirnya NKRI, yaitu Pancasila. Pancasila adalah titik temu," kata Ma'ruf membuka dialog.

Ma'ruf mengatakan seharusnya Indonesia bersyukur memiliki ideologi Pancasila. Sebab, tak ada negara lain yang memiliki ideologi seperti Pancasila.

"Kita beruntung sekali kita punya Pancasila, tidak semua negara punya itu. Yang punya landasan Pancasila dan UUD 1945 sehingga lahirnya NKRI," tambahnya.

Ma'ruf menegaskan tidak ada ideologi yang bisa menggantikan Pancasila di NKRI. "Tidak ada ideologi lain yang menggantikan Pancasila karena tidak ada kesepakatan. Karena Pancasila kesepakatan," tuturnya.




Tonton juga 'Kubu Jokowi Akan Rangkul Kepala Daerah Terpilih di Timses':

[Gambas:Video 20detik]


(ibh/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com