Yasonna Kirim Irjen Kemenkum ke Sukamiskin, Cek Sel Mewah Novanto

Jabbar Ramdhani - detikNews
Sabtu, 15 Sep 2018 14:04 WIB
Menkum HAM Yasonna Laoly (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Ombudsman RI menemukan sel mantan Ketua DPR Setya Novanto yang lebih luas dibanding narapidana lainnya. Namun, diduga bukan hanya Novanto yang punya sel yang lebih luas.

Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM) Yasonna H Laoly mengatakan terkait temuan Ombudsman ini, Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenkum HAM Aidir Amin Daud tengah mengecek fasilitas yang ada di sana.

"Sedang dicek Irjen, fasilitasnya seperti apa," kata Yasonna kepada detikcom, Sabtu (15/9/2018).


Sel Setya Novanto di Lapas SukamiskinFoto: Sel Setya Novanto di Lapas Sukamiskin (istimewa)
Yasonna mengatakan sudah memberikan perintah dan arahan yang jelas kepada jajarannya. Hal ini tak terlepas dari operasi tangkap tangan (OTT) KPK terkait kasus dugaan jual-beli fasilitas kepada Kalapas Sukamiskin yang lalu, Wisnu Husein.

Setelah ada Kalapas Sukamiskin yang baru, Yasonna meminta untuk adanya pengecekan fasilitas. Irjen Kemenkum HAM yang dikirim ke Lapas Sukamiskin akan memastikan temuan sidak Ombudsman.


"Kalapas sudah diberitahu, dan membuat langkah-langah. Yang pasti fasilitas, pasca-peristiwa yang lalu sudah dikoreksi oleh Kalapas. Soal besarnya ruangan, kita cek apakah ada perubahan peruntukan," ujar Yasonna.

Sebelumnya diberitakan, saat sidak pada Kamis (13/9) lalu, Ombudsman menemukan sel Novanto lebih luas dibanding sel napi lain. Di dalam sel, Ombudsman menemukan Novanto tengah bicara dengan mantan Bendahara Umum Partai Demokrat M Nazaruddin.




Tonton juga 'Ada Apa dengan Lapas Sukamiskin?':

[Gambas:Video 20detik]

(jbr/bar)