Polri Gelar Simulasi Pengamanan Sidang Sengketa Pemilu di MK

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Jumat, 14 Sep 2018 10:17 WIB
Foto: Polri menggelar simulasi pengamanan sidang putusan sengketa pemilu di kantor Mahkamah Konstitusi (MK). (Azizah-detikcom)
Jakarta - Polri menggelar simulasi pengamanan sidang putusan sengketa pemilu di kantor Mahkamah Konstitusi (MK). Simulasi digelar dengan melibatkan personel kepolisian, anjing pelacak, kendaraan taktis, hingga massa dari warga.

Pantauan detikcom di depan Gedung MK di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (14/9/2018), tampak personel kepolisian beratribut lengkap membentuk barisan di depan gedung MK.

Polri Gelar Simulasi Pengamanan Sidang Sengketa Pemilu di MKFoto: Polisi melibatkan anjing pelacak saat pengamanan. (Azizah-detikcom)
Simulasi pengamanan dipantau langsung Wakapolri Komjen Ari Dono, Irwasum Polri Komjen Putut Eko Bayuseno, dan Kapolres Jakarta Pusat Kombes Roma Hutajulu.


Simulasi pengamanan digambarkan dengan adanya sejumlah massa yang tengah melakukan aksi di depan Gedung MK. Namun aksi massa berubah ricuh karena tidak terima dengan putusan MK.

Polri Gelar Simulasi Pengamanan Sidang Sengketa Pemilu di MKFoto: Massa sempat membakar ban di depan Gedung MK. (Azizah-detikcom)
Massa kemudian melempari aparat yang tengah membentuk barisan dengan air kemasan hingga berbagai benda lainnya. Polisi pun langsung menahan gempuran massa dengan tameng yang disiapkan.


Sementara itu, kendaraan taktis water cannon yang disiagakan di belakang barisan polisi langsung menyemprotkan massa dengan air. Polisi juga menembakkan gas air mata ke kerumunan massa. Massa pun langsung berhamburan.

Polri Gelar Simulasi Pengamanan Sidang Sengketa Pemilu di MKFoto: Polri menggelar simulasi pengamanan sidang putusan sengketa pemilu di kantor Mahkamah Konstitusi (MK). (Azizah-detikcom)
Meski sempat berhamburan, massa masoih terus melakukan perlawanan kepada polisi. Massa juga sempat membakar ban.

Hingga saat ini simulasi pengamanan masih terus berlangsung. Polisi mengalihkan arus lalu lintas di depan Gedung MK ke jalur busway.



Saksikan juga video 'Kapolri Sebut Pengamanan Pileg Akan Lebih Ketat dari Pilpres':

[Gambas:Video 20detik]

(nvl/nvl)