DetikNews
Selasa 11 September 2018, 10:27 WIB

Dikawal Brimob, Umat Muslim di Timika Gelar Pawai 1 Muharam

Saiman, Ibnu Munsir - detikNews
Dikawal Brimob, Umat Muslim di Timika Gelar Pawai 1 Muharam Foto: Perayaan tahun baru Islam (dok detik)
Mimika - Dikawal ketat aparat Brimob bersenjata lengkap ribuan umat muslim di Timika Papua gelar pawai tahun baru Islam 1440 Hijriah long march keliling kota Timika.

Umat muslim di Timika menggelar pawai tahun baru Islam 1440 Hijriah. Umat muslim menggelar longmarch berkeliling Kota Timika.

Pawai bertitik kumpul di halaman Graha Emeneme. Pawai diikuti oleh seluruh lapisan umat muslim di Timika mulai dari sekolah Tk, SD, SMP, SMA dan warga.



Pawai dibuka oleh Asisten 1 Kabupaten Mimika dihadiri oleh pimpinan organisasi Islam se Mimika. Dalam sambutannya Asisten 1 Demiianus Katiob, berharap umat Muslim mampu menempatkan diri di tanah Papua dengan momen tahun baru Islam dengan peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW menjadi pedoman di perantauan.

"Ditandai dengan peristiwa hijrah Nabi Muahmmad SAW, menjadi poin penting bagi umat muslim, untuk meneruskan dakwah dan membangun peradaban islam, sedemikian penting sehingga banyak hikmah"

Jalannya pawai tahun baru Islam ke 1440 Hijrah dikawal ketat aparat Kepolisian bersenjata lengkap dari Polres Mimika dan pasukan batuan keamanan operasional dari Polda Nusa Tenggara Barat.


Ratusan Bentor Pawai Tahun Baru Islam di Makassar


Di Makassar Ratusan Becak Motor (Bentor) di Makassar, Sulawesi Selatan mengelar pawai kendaraan. Kegiatan ini memperingati tahun baru islam oleh civitas Universitas Muslim Indonesia (UMI).

Dari pantauan di lokasi, ratusan bentor memenuhi ruas jalan di Makassar, bentor ini juga diikuti sejumlah pimpinan, dosen dan mahasiswa UMI Makassar.

Sementara itu, Rektor UMI Makassar, Prof Basri Modding mengatakan tahun baru islam ini meningkatkan kemampuan civitas akademika UMI Makassar dengan kemajuan yang ada saat ini.



"Mahasiswa kita mudah-mudahan Ketua Pembina dan Ketua Pengurus pengawas kita harus semakin berkembang ke depan apalagi ini tahun ajaran baru Islam 1 Muharram 1440 mudah-mudahan kita semua apalagi sekarang dengan perkembangan teknologi yang luar biasa kita selalu mengutamakan bagaimana kita mampu menyesuaikan dengan sekarang ini," terangnya

Dikawal Brimob, Umat Muslim di Timika Gelar Pawai 1 MuharamFoto: Perayaan tahun baru Islam (dok detik)



Saksikan juga video 'Semarak Warga Bandung Gelar Pawai Obor Sambut 1 Muharam':

[Gambas:Video 20detik]


(rvk/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed