Cerita Penonton Dangdutan Mepet Kuburan di Jaktim yang Viral

Arief Ikhsanudin - detikNews
Senin, 10 Sep 2018 18:12 WIB
Viral dangdutan di area kuburan di TPU Pondok Kelapa, Jakarta Timur (Arief Ikhsanudin/detikcom)
Jakarta - Panggung dangdut yang mepet kuburan di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, ramai jadi pembahasan di media sosial. Penonton panggung dangdut tersebut punya kesan tersendiri.

Saud, warga RT 004 RW 04 Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur, memastikan acara organ tunggal atau dangdut saat khitanan itu tidak menggunakan area makam TPU Pondok Kelapa. Orang dewasa pun tidak ada yang menonton musik di atas panggung.

"La, siapa coba yang mau nonton di makam. Ya, paling anak-anak. Ya tahu sendiri anak-anak kayak gimana," ucap Saud di lokasi, Senin (10/9/2018).



Saud memastikan panggung tidak menggunakan area makam. Memang permukiman bersebelahan dengan makam tanpa dibatasi pagar.

"Dari dulu juga makam di sini, pemakaman di sini. Sebelum ada panggung juga begini," ucap Saud.

Organ tunggal diadakan pada Sabtu (8/9) dari pukul 14.00 WIB sampai 16.00 WIB. Kemudian dilanjutkan pada pukul 19.00 WIB sampai 24.00 WIB.



Namun, acara tidak begitu meriah karena hanya warga sekitar yang menonton. Selain itu, panggung hajatan di area perbatasan baru kali ini terjadi.

"Pas malam saya nggak nonton. Saya datang juga sebagai tetangga, jadi nggak lama karena banyak kerjaan lain," kata Saud.

Saud memastikan tidak ada kerusakan pada makam. Selain itu, ada petugas keamanan dari pihak TPU dan polisi yang menjaga.

"Kalau memang ramai di atas makam, itu makam pasti pada rusak. Ini kan nggak," ucap Saud.



Dia tahu masalah ini viral di media sosial. Dia menyayangkan video yang menyorot ke area makam tanpa diberi penjelasan.

"Kalau saya tahu dia nyenter (ambil video) ke makam, bakal dimarahin. Kenapa juga dia nyenter-nyenter," kata Saud.

Sebelumnya, video sebuah hajatan dengan penampilan panggung dangdut di depan kuburan viral di media sosial. Dalam video yang beredar di Facebook dan Twitter itu, panggung dangdut tampak berdiri di depan barisan kuburan di suatu tempat pemakaman umum (TPU).

Biduan tetap asyik menyanyi dengan sejumlah orang menyaksikan sambil duduk di antara makam. Speaker dan kamera perekam juga diletakkan di sela-sela makam.

Video itu diunggah oleh pemilik akun Facebook Chandra Erlangga dan sudah dibagikan 5.500 kali, mendapat 1.900 komentar, dan ditonton lebih dari 2 juta kali. Sementara itu, di akun Twitter @juriglagu, video ini di-retweet lebih dari 4.800 kali.




Tonton juga 'Takut Ditilang, Bocah SD Ini Nangis Cium Tangan Polisi':

[Gambas:Video 20detik]

(aik/imk)