DetikNews
Jumat 07 September 2018, 10:30 WIB

Polri: Kebakaran Gili Lawa Akibat Gesekan Benda Mudah Terbakar

Audrey Santoso - detikNews
Polri: Kebakaran Gili Lawa Akibat Gesekan Benda Mudah Terbakar Foto: Kondisi Gili Lawa usai terjadinya kebakaran (dok Taman Nasional Komodo)
Jakarta - Polisi mengatakan penyebab kebakaran di padang savana di Gili Lawa, Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT) disebabkan faktor alam. Kesimpulan itu berdasarkan hasil pemeriksaan Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) cabang Denpasar Bali terkait tidak ditemukannya residu bahan hidrokarbon di lokasi kebakaran.

"Sesuai informasi dari penyidik Polres Manggarai Barat bahwa penyidik baru saja kemarin mendapatkan hasil labfor, di mana hasilnya tidak ditemukan hidrokarbon pada pulau yang terbakar," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepada detikcom, Jumat (7/9/2018).


"Diperkirakan penyebab kebakaran akibat open flame, seperti gesekan benda yang mudah terbakar di lahan terbuka," sambung dia.

Dedi menuturkan hasil Labfor ini sekaligus mematahkan dugaan penyebab kebakaran karena faktor kesengajaan manusia. "Jadi kalau sengaja dibakar sudah termentahkan," ujar Dedi.


Dedi menjelaskan open flame diduga terjadi karena kemarau panjang yang menyebabkan savana sangat kering, sehingga gesekan ranting pohon pun bisa menyebabkan percikan api.

"Karena kemarau panjang dan savana di sana sangat kering, maka gesekan ranting pohon kering timbulkan percikan api yang menyebabkan kebakaran lahan," jelas Dedi.


Sebelumnya sejumlah saksi sempat diperiksa polisi terkait kebakaran ini. Area yang terbakar cukup luas karena Gili Lawa sepenuhnya ditumbuhi savana. Dampak kebakaran ini, pihak pengelola Taman Nasional Komodo rencananya akan melakukan pemulihan secara alamiah alias suksesi alam. Pertumbuhan rumput akan semakin cepat saat curah hujan tinggi.

Peristiwa kebakaran ini terjadi pada Rabu (1/8) malam sekitar pukul 18.00 Wita. Api baru bisa dipadamkan pada Kamis (2/8) pukul 03.00 Wita.




Tonton juga 'Aksi Ranger Taman Nasional Komodo Padamkan Api di Gili Lawa':

[Gambas:Video 20detik]


(aud/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed