DetikNews
Selasa 04 September 2018, 19:36 WIB

Ini Alasan Ridwan Kamil Ikut Dilantik di Istana Besok

Dwi Andayani - detikNews
Ini Alasan Ridwan Kamil Ikut Dilantik di Istana Besok Ridwan Kamil beres-beres kantor Wali Kota Bandung (Tri Ispranoto/detikcom)
Jakarta - Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum menjadi tambahan pasangan gubernur-wakil gubernur yang akan dilantik besok. Sebelumnya, pelantikan Ridwan Kamil direncanakan pada 27 September 2018.

"Memang semula Jawa Barat mengajukan permohonan untuk ikut tahap II tanggal 27 September," ujar Dirjen Otda Kemendagri, Sumarsono, kepada detikcom, Selasa (4/8/2018).



Sumarsono menjelaskan permohonan ini tidak disetujui. Alasannya, agar Ridwan Kamil dapat segera melaksanakan tugas sebagai gubernur.

"Namun tidak disetujui dan tetap tanggal 5 September agar bisa segera bekerja sebagai gubernur pilihan rakyat," kata Sumarsono.

Mendagri Tjahjo Kumolo pagi tadi memang menyebut hanya 8 gubernur yang akan dilantik besok. Pada siang hari, Sumarsono menambahkan informasi bahwa jumlah gubernur yang dilantik jadi 9 dengan masuknya nama Ridwan Kamil.



Ridwan Kamil sendiri baru pagi tadi mendengar kabar akan dilantik besok. Dia lalu langsung melakukan beres-beres kantor Wali Kota Bandung.

"Per tadi pagi ada radiogram dari Kemendagri untuk (pelantikan gubernur) Jabar tidak tercantum. Tapi sejam lalu melalui Dirjen Otda setelah koordinasi dengan Istana, saya besok dilantik," ujar Emil, sapaan akrabnya, di Balai Kota Bandung.

Emil akan dilantik besok bersamaan dengan 8 gubernur dan wakil gubernur lainnya. Berikut ini daftar gubernur-wakil gubernur terpilih yang akan dilantik besok:

1. Nurdin Abdullah-Sudirman Sulaiman (Sulsel)
2. Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Sumut)
3. Ali Mazi-Lukman Abunawas (Sultra)
4. Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen (Jateng)
5. I Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Bali)
6. Sutarmidji dan Ria Norsan (Kalbar)
7. Viktor Bungtilu Laiskodat-Josef Nae Soi (NTT)
8. Lukas Enembe dan Klemen Tinal (Papua)
9. Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Jabar)



(dwia/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed