DetikNews
Senin 03 September 2018, 17:05 WIB

Jokowi Minta Perbaikan Sekolah-RS di NTB Selesai 2 Bulan

Niken Purnamasari - detikNews
Jokowi Minta Perbaikan Sekolah-RS di NTB Selesai 2 Bulan Foto: Jokowi di Lombok (Kris/ Biro Pers Setpres)
Jakarta - Dalam kunjungan ke Nusa Tenggara Barat (NTB), Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi RSUD Mataram dan sekolah yang terkena dampak gempa beberapa waktu lalu. Jokowi menargetkan perbaikan rumah sakit dan sekolah selesai dalam waktu dua bulan.

Informasi yang diterima detikcom dari Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, Jokowi mengatakan perbaikan rumah sakit menjadi salah satu prioritas pasca gempa. Sebab hal itu terkait dengan pelayanan terhadap pasien yang terdampak gempa.



"Tadi saya sudah perintahkan untuk segera diselesaikan. Dari HK (Hutama Karya) tadi menyampaikan, dua bulan akan diselesaikan. Saya lihat ini rusaknya ringan-sedang tetapi memang ini sangat darurat. Perlu untuk segera diselesaikan sehingga pasien-pasien tidak berada di luar, di tenda-tenda," kata Jokowi dalam keterangan tertulis, Senin (3/9/2018).

Jokowi mengatakan, dirinya akan terus memantau proses perbaikan rumah sakit yang terkena dampak gempa hingga dua bulan mendatang. Tak cuma rumah sakit, perbaikan gedung sekolah juga menjadi fokus Jokowi.

Sekolah yang juga didatangi Jokowi dalam kunjungannya yakni SMP 6 Mataram. Sekolah tersebut merupakan salah satu sekolah yang terkena dampak gempa di NTB. Jokowi memerintahkan agar perbaikan segera dilakukan agar tidak mengganggu proses belajar mengajar siswa.



"Ya ini salah satu sekolah, SMP 6, yang ada di Mataram yang juga kita lihat meskipun sudah diaudit oleh PU bisa digunakan, tetapi karena banyak retak-retak, banyak konstruksi yang mengkhawatirkan sehingga anak-anak takut belajar di dalam gedung. Untuk konstruksinya disuntik, bangunannya yang retak diperbaiki, plafonnya yang runtuh diperbaiki. Sementara ya memang belajar (di luar kelas) seperti ini," kata Jokowi.

"Saya akan ke sini dua bulan lagi dan saya sudah janjian dua bulan rampung," lanjutnya.

Jokowi Minta Perbaikan Sekolah-RS di NTB Selesai 2 BulanFoto: Jokowi di Lombok (Kris/ Biro Pers Setpres)


Saat melakukan peninjauan tersebut, Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur NTB M. Zainul Majdi, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Kepala BNPB Willem Rampangilei.
(nkn/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed