DetikNews
Senin 03 September 2018, 12:29 WIB

Hari Ke-2 di Lombok, Jokowi Tinjau Pembangunan Rumah Tahan Gempa

Niken Purnamasari - detikNews
Hari Ke-2 di Lombok, Jokowi Tinjau Pembangunan Rumah Tahan Gempa Jokowi menghadiri apel dan meninjau rumah tahan gempa. (Kris/Biro Pers Setpres)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), untuk menemui warga dan meninjau sejumlah fasilitas pascagempa sejak Minggu (2/9). Pada hari kedua ini, Jokowi menghadiri apel dan meninjau rumah tahan gempa yang berada di Lombok Barat.

Informasi yang diterima detikcom dari Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, Jokowi melaksanakan apel di Lapangan Bola Gunung Sari, Lombok Barat, pada Senin (3/9/2018) pukul 08.00 Wita. Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sosial Agus Gumiwang, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kepala BNPB Willem Rampangilei, serta Gubernur NTB TGH Zainul Majdi.



Dalam apel, Jokowi memberi arahan kepada 2.250 relawan dari berbagai unsur. Jokowi mengatakan tahapan tanggap darurat di NTB telah berakhir dan kini masuk ke tahap rehabilitasi serta rekonstruksi. Tahapan pertama yang akan segera dikerjakan adalah berkaitan dengan fasilitas publik, seperti pasar, puskesmas, sekolah, serta masjid dan musala.

"Kemarin saya melihat beberapa sudah mulai dikerjakan yang dikomandani oleh Kementerian PU. Semuanya memang perlu dilihat di lapangan, diverifikasi. Untuk dipastikan bahwa memang bantuan itu harus diberikan memerlukan waktu. Oleh sebab itu, kemarin baru 5.293 (rumah)," kata Jokowi dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom.

Hari ke-2 di Lombok, Jokowi Tinjau Pembangunan Rumah Tahan GempaJokowi menghadiri apel dan meninjau rumah tahan gempa. (Kris/ Biro Pers Setpres)

Kepada para relawan, Jokowi berpesan agar membantu masyarakat dalam membangun kembali rumah mereka. Rumah yang akan dibangun adalah rumah tahan gempa untuk mengantisipasi terjadinya kembali gempa bumi.

"Karena kita tahu di NTB ini adalah masuk dalam Ring of Fire, masuk Lingkaran Cincin Api, yang kita tahu tahun 1979 di sini pernah terjadi gempa besar juga," kata Jokowi.



Setelah menghadiri apel, Jokowi akan meninjau rumah tahan gempa dan sejumlah fasilitas umum di Lombok Barat. Dijadwalkan Jokowi akan kembali ke Jakarta pada siang ini.

"Setelah menghadiri apel siaga tersebut, Presiden dan rombongan akan meninjau lokasi pembangunan rumah tahan gempa atau RISHA (Rumah Instan Sederhana Sehat) di Desa Kekait, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat. Siang harinya, Presiden bersama rombongan akan meninjau SMP Negeri 6 Kota Mataram dan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram," ujar Bey.
(nkn/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed