DetikNews
Senin 03 September 2018, 07:28 WIB

Perjalanan OK OCE Mart dari Gagasan Sandiaga Hingga Tutup

Faiq Hidayat - detikNews
Perjalanan OK OCE Mart dari Gagasan Sandiaga Hingga Tutup Mantan Wagub DKI Sandiaga Uno (Foto: Meilika Asanti Wahyudi/detikcom)
Jakarta - Mantan Wagub DKI Sandiaga Uno selalu berkampanye program OK OCE saat Pilkada DKI 2017. Ketika itu, ia sudah meluncurkan gerai OK OCE Mart di Jakarta Selatan.

Menurut Sandi, OK OCE Mart untuk menjaring pengusaha kecil yang lahir dari program OK OCE. Minimarket tersebut merupakan integrasi dengan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"OK OCE Mart adalah bagian dari integrasi kerja sama dengan toko-toko kecil dan para UMKM," ujar Sandiaga seusai debat Pilkada DKI di Hotel Bidakara, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Rabu (12/4/2017).



Program OK OCE merupakan kependekan dari One Kecamatan One Center of Entrepreneurship, yang merupakan salah satu program yang digalang Sandiaga saat berpasangan dengan Anies Baswedan di Pemprov DKI. Kini Sandiaga sudah bukan Wakil Gubernur DKI lantaran maju sebagai calon wakil presiden bagi Prabowo Subianto.

Singkat cerita, Sandiaga menegaskan program OK OCE tidak digunakan untuk memberi modal bagi warga. Pemodalan bagi peserta OK OCE akan dikerjasamakan dengan lembaga keuangan terkait.

Menurut dia, Pemprov DKI hanya memberi fasilitas. Soal modal akan dipinjamkan oleh lembaga-lembaga yang memiliki kompetensi.

"Kita akan memfasilitasi (permodalan) dengan bekerja sama dengan lembaga pembiayaan, perbankan, lembaga keuangan mikro, lembaga keuangan syariah, yang memang berkompetensi untuk memberikan pinjaman permodalan," jelas Sandiaga di Lapangan Banteng, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Jumat (15/12).

Perjalanan OK OCE Mart dari Gagasan Sandiaga Hingga TutupFoto: Gerai OK OCE Mart (Seysha Desnikia/detikcom)


Namun kini, OK OCE Mart ada yang tutup. Sandiaga mengamini adanya OK OCE Mart yang ditutup. Omset yang turun disebut Sandiaga sebagai penyebabnya.

"Ada OK OCE Mart yang bisa terus berjalan, ada yang harus ditutup karena omsetnya turun secara drastis dan pengelolaannya belum bisa menghadirkan satu terobosan untuk omset mereka," ucap Sandiaga di Jalan Cipinang Muara, Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (2/9/2018).

Penutupan beberapa OK OCE Mart disebut Sandiaga wajar dalam berbisnis. Di sisi lain, dia tetap berupaya agar program itu berjalan baik.


Simak Juga 'Sandi Mau Bawa Program OK OCE ke Tingkat Nasional':

[Gambas:Video 20detik]


(fai/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed