Pondok Indah dan Jl Benyamin Sueb Kemayoran Kini Bebas Ganjil-Genap

Jabbar Ramdhani - detikNews
Senin, 03 Sep 2018 05:28 WIB
Pemasangan spanduk sosialisasi penerapan kebijakan ganjil-genap (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - Kebijakan ganjil-genap tetap dijalankan meski Asian Games telah selesai. Hanya saja ada beberapa penyesuaian yang dilakukan.

Pertama, kebijakan ganjil-genap sudah tak diberlakukan pada Sabtu-Minggu. Hal kedua, ganjil-genap tak diberlakukan di dua ruas jalan yakni Jalan Metro Pondok Indah di Jakarta Selatan dan Jalan Benyamin Sueb di Jakarta Pusat.

Jalan Metro Pondok Indah bebas dari kebijakan ganjil-genap karena tak ada kegiatan Asian Para Games di kawasan tersebut. Sementara Jalan Benyamin Sueb bebas sementara dari kebijakan ganjil-genap hingga nantinya Asian Para Games kembali digelar.


"Jalan Metro Pondok Indah karena di sana nggak ada kegiatan paralimpik. Kedua, Jalan Benyamin Sueb tidak diteruskan selama bulan September tapi menjelang Asian Paralympic, saat Asian Para Games diberlakukan karena itu jalur Wisma Atlet," ucap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (31/8).

Kebijakan ganjil-genap terus dilakukan berdasarkan Peraturan Gubernur nomor 92 tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil-Genap Menjelang dan Selama Penyelenggaraan Asian Para Games 2018. Asian Para Games sendiri akan diselenggarakan pada 6-13 Oktober.


Berdasarkan Pasal 1 ayat 2 huruf j, kebijakan ganjil-genap akan diberlakukan di sebagian Jalan Benyamin Sueb. Ganjil-genap akan diterapkan mulai tanggal 1-13 Oktober nanti.

"Sebagian Jalan Benyamin Sueb (mulai dari Bundaran Angkasa s.d. Kupingan Ancol) diberlakukan mulai tanggal 1 Oktober sampai dengan 13 Oktober 2018," demikian bunyi Pasal 1 ayat 2 huruf j.


Saksikan juga video 'Usai Asian Games, Jakarta Lanjutkan Kebijakan Ganjil-Genap?':

[Gambas:Video 20detik]

(jbr/fai)